Serahkan Klaim Rp 122,6 Miliar

MALANG – BPJS Ketenagakerjaan Cabang Malang memberi pelayanan istimewa bagi peserta program BPJS Ketenagakerjaan yang datang pada Jum’at (4/9/15), sebagai kegiatan dalam menyambut Hari Pelanggan Nasional Tahun 2015. Setiap peserta yang datang memperoleh souvenir cantik dan berkesempatan membawa pulang doorprize yang menarik bagi yang beruntung.
Kepala Kantor BPJS Ketenagakerjaan Cabang Malang, Sri Subekti mengatakan setiap hari pelayanan selalu diupayakan yang terbaik. Akan tetapi, ketika momen Hari Pelanggan Nasional lalu diberlakukan spesial. “Selain penampilan kami yang berbeda dengan biasanya, ada jamuan spesial bagi peserta BPJS Ketenagakerjaan,” ujarnya.
Menurut dia,  Hari Pelanggan Nasional membuat BPJS Ketenagakerjaan memberikan tambahan yang berbeda sebagai wujud nyata partisipasi dalam mengapresiasi peserta yang sudah mengikuti BPJS. “Apalagi di awal bulan ini banyak sekali peserta yang datang dan merasakan manfaat dari kami,” beber dia kepada Malang Post.
Perempuan yang akrab disapa Beti ini menyampaikan, dalam kesempatan tersebut, juga diserahkan santunan Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK). Salah satu peserta yang mengalami risiko kecelakaan kerja ini, mendapatkan manfaat JKK sebesar Rp 108,21 juta. Yang terdiri dari penggantian biaya, STMB dan santunan cacat. “Peserta atas nama Bambang Sumaryanto, yang mengalami risiko kerja dan kini merasakan manfaat dengan menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan,” jelas dia.
Sementara itu, pihak perusahaan PG Kebon Agung yang diwakili HRD Staff Bambang Tjiptoroso menuturkan, perusahaan juga mendapatkan banyak manfaat dari program BPJS Ketenagakerjaan. “Menjaminkan pekerja, memberikan perlindungan kepada tenaga kerja dari setiap risiko pekerjaan,” ungkapnya.
Sementara itu, hingga akhir Agustus 2015, BPJS Ketenagakerjaan Cabang Malang telah menyerahkan klaim sebesar Rp. 122.668.078.176 untuk 11.454 kasus. Klaim itu meliputi Jaminan Hari Tua, Jaminan Kecelakaan Kerja dan Jaminan Kematian.
Beti menambahkan, kini setiap pekerja di Indonesia dapat mengikuti program Jaminan Pensiun BPJS Ketenagakerjaan yang telah diselenggarakan mulai Juli 2015. Dengan tambahan program Jaminan Pensiun, BPJS Ketenagakerjaan berharap dapat menja di jembatan menuju kesejahteraan pekerja. (ley/adv/han)