Penjualan Membaik, MPV Andalan Sales

MALANG – Penjualan mobil di Malang Raya mulai mendapatkan angin segar di tengah lesunya bisnis otomotif di tahun ini. Hal ini bisa terlihat sepanjang Agustus lalu, diler di Malang sudah mulai mengalami peningkatan penjualan, sekalipun masih tipis sebesar 15 persen.
Kepala Cabang Suzuki UMC Malang, Made Adi Sumerta menuturkan, otomotif tercatat membaik, sekalipun masih jauh dari perolehan di tahun lalu. “Agustus lalu, sales di tempat ini mengalami peningkatan sebesar 15 persen. Jauh lebih baik ketimbang Juni-Juli lalu,” tuturnya.
Menurut dia, di bulan yang berbarengan dengan kemerdekaan itu, secara keseluruhan Suzuki UMC mampu menjual 58 unit. Angka yang jauh lebih baik ketika melihat pencapaian bulan-bulan sebelumnya yang sempat jatuh di bawah 40 unit per bulan.
“Melihat tren yang terjadi kini, semester kedua memang sudah ada pergerakan. Agustus angka SPK (Surat Pengajuan Kendaraan) juga meningkat hampir 50 persen meskipun realisasinya tidak sebesar SPK,” bebernya ketika berbincang dengan Malang Post.
Dia menyampaikan, Agustus lalu tertolong dengan berbagai promo. Selain itu, selepas Idul Fitri, diakui dia beberapa customer sudah bisa memastikan ketersediaan dananya, baik untuk membeli kendaraan sebagai mobil pribadi atau untuk pekerjaan. Di Suzuki, selain mobil pribadi seperti Ertiga, Wagon R, hingga APV, yang laris seperti seri pick up.
“Pengusaha mulai menambah armada untuk bekerja. Makanya, Suzuki Pick Up termasuk laris di bulan lalu,” urainya.
Menurut dia, seri pick up bahu-membahu dengan Ertiga dan Wagon R menopang penjualan di Suzuki UMC. Jika seri dengan bodi belakang terbuka ini mampu memberikan prosentase sebesar 35 persen, Ertiga menyumbang sales 30 persen. Untuk Wagon R sebesar 15 persen dan diikuti oleh beberapa seri lainnya.
Made optimis untuk September ini akan kembali mengalami peningkatan sales. Selama sepekan bulan ini berjalan, SPK sudah menembus 30an. Selain itu, beberapa tipe laris tadi telah hadir dengan seri terbaru. “Mobil penumpang berjenis MPV seperti Ertiga memang tetap laris dan menjadi tumpuan. Tetapi pick up sekarang juga bisa diperhitungkan,” tambah Made.
Terpisah, Supervisor Auto 2000 Sutoyo Agung Dwi Wahono menyebutkan, jika penjualan memang terpantau membaik sejak Juli lalu, terutama selepas lebaran. Begitu Agustus, Toyota juga memiliki seri terbaru untuk seri Avanza. “Ada peningkatan, meskipun tipis,” sebutnya.
Menurut dia, kehadiran Grand New Avanza dan Grand New Veloz membuat customer tertarik untuk melakukan pembelian. Malahan, sehari sejak dikenalkan pertengahan bulan lalu, SPK menembus 100 unit. “Memang menjadi daya tarik. Sehingga mobil penumpang ini tetap kami yakini menjadi backbone di bulan-bulan berikutnya,” tandas dia. (ley/aim)