Cover Buku Cantik Paling Disukai Anak-anak

Kain perca yang biasanya dibuang diubah menjadi produk dengan nilai ekonomis tinggi.

Kerajinan Tangan
MALANG - Kerajinan tangan atau handicraft tidak kalah menarik dengan produk buatan pabrik modern. Mulai dari dompet, cover buku hingga tudung saji dari bahan kain perca. Seperti bisnis D'Sil Home Made, yang memadukan kain perca menjadi barang berguna dan disukai karena tampilannya yang menarik.
"Biasanya, kain perca kerap tidak dimanfaatkan. Tetapi beda di tempat ini, malah kain perca seperti bahan utama," ujar Owner D'Sil Home Made Lilis Indriawati.
Menurut dia, bentuk handicraft yang dihasilkan beragam. Akan tetapi, dompet dan cover buku terhitung paling laris. "Bisa dikatakan, sepanjang tahun ini laris. Apalagi ketika hendak tahun ajaran baru lalu. Beberapa orang tua membeli dalam.jumlah besar," ujarnya.
Dia mengungkapkan, cover buku dibandrol mulai dari Rp 20 ribuan. Ada pula koleksi yang sudah disertai dengan buku yang juga tinggi peminat. D'Sil yang berada di Sawojajar Gg 19 ini kerap menerima permintaan cover buku untuk hadiah. Biasanya, menurut Lilis, customer akan menjadikan cover buku ini sebagai hadiah atau souvenir.
"Misalnya acara ulang tahun anak-anak. Sehingga pemesanan biasanya sejumlah 15-20 pieces yang akan digunakan untuk sampul buku customer," imbuh dia.
Menurutnya, anak-anak paling suka dengan koleksi cover buku dengan kain perca. Selain warnanya cerah dan beragam, motif batik juga dikagumi. Misalnya koleksi dengan motif tenun, serta cover buku berbahan kain jepang.
"Pilihannya beragam. Kain perca ini sebagian merupakan sisa pembuatan tas batik yang kini juga mulai ramai di pasaran," papar dia panjang lebar.
D'Sil juga memiliki beragam koleksi kerajinan tangan lain seperti dompet, tas hingga taplak meja. Koleksi dompet dibandrol sangat terjangkau, mulai Rp 10 ribu namun menawarkan penampilan yang penuh dengan nilai seni. (ley/han)