Teknologi eSP, Bikin Motor Tambah Smart

MALANG - Sepanjang  tahun 2015 ini, PT Astra Honda Motor (AHM) meluncurkan berbagai varian terbarunya, termasuk di kelas skuter matik. Pilihan Honda Vario, menggunakan teknologi terbaru dengan sematan enhanced Smart Power (eSP) baik di kelas 125 cc maupun 150 cc di kelas premium.
Supervisor PT Mitra Pinastika Mustika (MPM) Malang dan Blitar, Johnson mengatakan, varian tersebut  kini hadir dengan nama New Vario eSP. "Perbedaan pada kapasitas mesin. Sekarang pilihan jadi lebih lengkap," ujarnya kepada Malang Post kemarin.
Dia menuturkan, penerapan teknologi eSP, membuat mesin matic ini bisa menghasilkan tenaga maksimum hingga 8,3 kW/ 8500 rpm dengan torsi maksimum mencapai 10,8Nm/ 5500 rpm. Ketika dilakukan sebuah uji coba, matik ini memiliki akselerasi yang cepat. Matic ini mampu menempuh jarak dari 0 - 100 meter, hanya dalam waktu 12,39 detik saja. Sedangkan kecepatan maksimum (top speed) yang sanggup dicapai sejauh 96 km per jam.
Dia menuturkan, mesin dari motor New Vario 125 eSP maupun Vario 150 eSP ini telah diintegrasikan dengan sebuah fitur Idling Stop System (ISS) yang bisa meningkatkan penghematan konsumsi bahan bakar. Konsumsi bahan bakar yang dimiliki skutik ini adalah 59,5 km per liter (metode ECE R40) dan telah tercatat sebagai yang paling irit di kelasnya.
Matic ini juga semakin menyenangkan untuk dikendarai dengan adanya teknologi eSP yang dikolaborasi dengan fitur baru ACG starter yang mampu menghidupkan mesin halus dan fitur canggih ISS yang membuat konsumsi bahan bakarnya lebih efisien. Dengan fitur ISS (Idling Stop System) tersebut, mesin motor ini akan otomatis mati ketika kondisi statis selama lebih dari tiga detik. Sehingga suplai bahan bakarnya akan terhenti dan tidak terbuang percuma. Untuk menghidupkan lagi pengendara hanya perlu menarik tuas gasnya.
Adapun fitur lainnya yang disematkan pada New Vario eSP.  Mulai dari brake lock, modern panelmeter, integrated key shutter with seat opener, double inner rack, functional hook, dual keen eyes LED headlight, Combi brake system, bigger U-Box, fantastic tail light, side stand switch, new tubeless tire dan ABS untuk tipe CBS ISS.
Johnson merinci, brake lock merupakab rem tangan yang mencegah motor loncat ketika menghidupkan mesin. Sedangkan modern panelmeter, tampilan panelmeter yang semakin modern dan stylish. Fitur Integrated Key Shutter with Seat Opener adalah kombinasi kunci kontak berpengaman magnet dengan tombol pembuka tempat duduk.
Masih ada pula dual knee eyes LED headlight, lampu depan yang lebih berkelas, lebih terang dan tahan lama serta bebas perawatan, dengan desain fabulous. Sementara itu, Combi Brake System merupakan fitur pengereman yang lebih mudah dan nyaman, dimana fitur ini memudahkan keseimbangan pengereman roda belakang dan depan, lebih praktis dan juga nyaman dalam semua kondisi.
Johnson menerangkan, kini varian New Vario eSP juga telah menggunakan ban tubeless atau tanpa ban dalam. Sehingga, ban dijamin lebih kuat dan tahan lama. "Selain itu menjadikan tampilan lebih sporty dan gagah. Disamping menawarkan kemudahan bagi pengendara karena memperkecil resiko kebocoran ban di saat berkendara," papar dia panjang lebar. (ley/nug)