Mobil Murah Bekas Geser MPV

Komposisi penjualan kendaraan jenis LCGC yang membesar di Indonesia diprediksi akan menggerogoti MPV di pasar mobil bekas tak lama lagi. Meski tidak ekstrem dan mengambil alih tahta MPV sebagai yang terlaris, namun jumlah LCGC bekas di bursa mobil seken yang semakin banyak akan menggoda sebagian orang untuk beralih.

Fischer Lumbantoruan, Chief Operating Officer Mobil88, mengatakan bahwa di pasar mobil bekas, sejauh ini memang masih MPV yang paling diminati. Namun dirinya memprediksi, komposisi itu akan digerogoti LCGC.

”Kenapa? Saya akan mengacu pada penjualan mobil bekas 2-3 tahun lagi. LCGC mulai tahun ini komposisinya naik. Otomatis, mobil baru tahun ini akan dijual jadi bekas 2-3 tahun lagi. Akan jadi banyak pilihan LCGC nantinya,” kata Fischer, (21/9/2015).

Keyakinan itu juga didasari oleh kebiasaan orang Indonesia yang mulai berubah. Budaya bawa mobil besar untuk bawa banyak keluarga tak lagi ekstrem. Saat ini menurut Fischer justru banyak orang yang happy dengan keluarga kecil, ke mana-mana cukup bawa dua anak dalam satu mobil kecil.

”Ada pergeseran. Kalau dulu satu anak satu baby sitter, semua ikut dibawa. Kalau sekarang mulai banyak orang yang malah kalau bisa anakanya gak dibawa kalau mau bepergian. Ini soal culture, tapi tetap porsi terbesar masih akan MPV,” ujar Fischer. (kom/oci)

Batik Air Buka Enam Rute Baru//
Maskapai penerbangan Batik Air membuka beberapa rute baru dan menambah frekuensi jadwal penerbangan dari Bandara Halim Perdanakusuma.

Total, maskapai anak usaha Lion Grup itu menambah 6 rute baru dan tambahan frekuensi penerbangan rute Jakarta-Palembang.

Berdasarkan siaran pers Batik Air, dirilis Kompas.com, Selasa (22/9/15), keenam rute baru itu adakah Jakarta-Pekanbaru, Jakarta-Pontianak, Jakarta-Bengkulu, Jakarta-Kupang, Jakarta-Lombok, dan Jakarta-Padang. Sementara tambahan frekuensi penerbangan dilakukan pada rute Jakarta-Palembang.

Saat ini, Batik Air memiliki On Time Performance (OTP) 93,17 persen dan sesuai dengan rencana perusahaan, maskapai tersebut akan membuka rute-rute baru baik domestik maupun International.

Batik Air memiliki 30 unit pesawat yang terdiri dari 14 unit Boeing 737 – 800, 6 unit Boeing 737 - 900ER dan 10 Airbus A320 CEO.

Sampai dengan akhir tahun 2015, Batik Air akan menambah jumlah armadanya sebanyak 3 Pesawat, sehingga di tahun 2015 ini jumlah armada pesawat Batik Air sejumlah 33 unit dan pada tahun 2016 Batik Air akan kedatangan penambahan jumlah armada pesawatnya sejumlah 13 unit. (kom/oci)