Belanja Saat Lapar Bikin Lebih Boros

Berbelanja keperluan rumah tangga menjadi rutinitas para wanita. Meski dilakukan hampir setiap bulan, sebagian dari mereka masih saja sering boros dalam pembelian terutama produk makanan atau bahan masakan. Apakah Anda salah satunya? Jika iya, mungkin Anda sering melakukannya dengan keadaan lapar. Penelitian terbaru mengungkapkan demikian.
 
Riset tersebut dilakukan oleh University of Minnesota's Carlson School of Management. Hasil dari studi yang dipimpin Alison Jing Xu tersebut terungkap jika rasa lapar mengaktifkan konsep akuisisi. Artinya, pergi ke pasar atau swalayan dengan perut kosong akan mendorong Anda belanja secara berlebihan dengan membeli barang-barang yang sebenarnya tidak dibutuhkan. Karena merasa lapar para pembelanja pun membeli makanan atau bahan masakan lebih banyak dari yang seharusnya.

Namun bukan itu saja. Penelitian ini juga membuktikan jika kelaparan bisa membuat Anda memborong barang-barang lain yang bukan makanan. "Lapar membuat kita berpikir tentang mencari, mengambil alih, dan mengkonsumsi makanan. Pikiran-pikiran terkait pengambilalihan tersebut bisa menjalar dan membuat kita ingin mengambil produk-produk bukan makanan walaupun barang-barang itu tidak bisa memuaskan rasa lapar kita," ungkap Alison kepada situs Discover.
Penelitian ini dilakukan pada sejumlah koresponden yang diminta untuk tidak makan setidaknya empat jam sebelum studi. Namun ada sebagian dari mereka yang diminta untuk melakukan mencoba kue dengan mata tertutup. Kemudian para peneliti menyediakan beberapa kebutuhan kantor misalnya klip binder. Hasilnya sebanyak 70% dari peserta studi yang lapar mengambil barang-barang lebih banyak dari pada mereka yang sudah makan kue.

Dalam jurnal penelitian, studi juga dilakukan pada pengunjung mal. Riset tersebut pun menunjukkan hasil serupa. Para peneliti menganalisi pembelian yang dilakukan pembelanja di department store. Hasilnya 64% pembelanja yang lapar menghabiskan uang lebih banyak dari pada yang tidak.

"Jika Anda pergi belanja dengan perut lapar, Anda bisa menghabiskan uang dan membeli lebih banyak barang dari yang seharusnya. Mengapa tidak makan dulu sebelum berbelanja? Alternatifnya, jika Anda lapar dan kamu harus melakukan keputusan pembelian, berpikirlah dua kali sebelum Anda bertransaksi." tambah Alison.(dtc/han)