Telkom Kucurkan Dana Modal usaha Rp 1,4 Miliar

MALANG - Telkom CDC Malang kembali mengucurkan dana pinjaman modal usaha untuk UKM Mitra Binaan di area Malang. Pengucuran ini merupakan yang ketiga kalinya di tahun 2015, sebelumnya pada Triwulan I/2015 telah dikucurkan dana pinjaman sebesar Rp. 1,7 milyar untuk 71 UKM Mitra Binaa, kemudian pada Triwulan II/2015 juga telah dikucurkan dana sebesar Rp. 2,2 milyar untuk 79 UKM Mitra Binaan. Sedangkan untuk Triwulan III/2015 kali ini Telkom CDC Malang mengucurkan Rp. 1,4 milyar untuk 50 Mitra Binaan.
Bertempat di Aula Lantai 8 Gedung Witel Malang jalan Ahmad Yani Senin (28/9/15), penyerahan secara simbolis dilakukan. Dalam sambutannya sebelum penyerahan dana pinjaman secara simbolis, GM Witel Malang, Hendro Setyo Budi menyampaikan bahwa pemberian pinjaman modal ini adalah salah satu wujud nyata sumbangsih Telkom kepada masyarakat sekitar, khususnya para pelaku ekonomi di wilayah Malang dan sekitarnya.
"Tugas utama PT.Telkom, sebetulnya adalah memberikan layanan kepada masyarakat di bidang Telekomunikasi. Namun disamping itu, Telkom juga memiliki tugas dan amanah lain yang tak kalah pentingnya yaitu ikut memajukan perekonomian rakyat," ujarnya.
Salah satu caranya, menurut dia, adalah dengan menjalankan peran Good Corporate Citizenship melalui penyelenggaraan Program Kemitraan dengan Usaha Kecil dan Menengah (UKM) serta program Bina Lingkungan guna merealisasikan  program Corporate Social Responsibility (CSR). Program Kemitraan dan Usaha Kecil ini bertujuan untuk mendorong kegiatan dan pertumbuhan ekonomi, terciptanya lapangan kerja serta kesempatan berusaha untuk masyarakat.  "Sedangkan Program Kemitraan dan Bina Lingkungan mempunyai tujuan untuk memberdayakan dan mengembangkan kondisi sosial masyarakat, dan lingkungan di sekitar area Telkom Malang," jelasnya.
Asissten Manager Telkom CDC Malang, Gatot Indra Susilo mengatakan, bil pogram kemitraan ini sudah sejak 2001 dilaksanakan oleh PT. Telkom, termasuk Telkom Malang. "Hingga kini sudah tercatat 100 ribu lebih UKM yang menjadi Mitra Binaan Telkom," paparnya.
Ia juga mengatakan, Telkom tidak berhenti hanya dengan memberikan bantuan pinjaman modal saja tapi juga memberikan pembekalan berbagai pelatihan. Misalnya, tentang bagaimana cara mengembangkan usaha menuju sukses sekaligus memberi kesempatan untuk mengikuti berbagai event pameran. Sehingga nantinya, mitra binaan Telkom ini dapat menjadi pengusaha UKM yang mandiri dan siap menghadapi MEA (Masyarakat Ekonomi Asean), suatu era dimana aliran barang, jasa dan investasi terbuka bebas, khususnya di kawasan Asean. (ley)