OSL Pegadaian Capai Rp 3,4 Triliun

MALANG - Pegadaian Kantor Wilayah XII Jawa Timur menargetkan angka outstanding loan (OSL) sebesar Rp 3,6 triliun sepanjang 2015 ini. Target tersebut telah tercapai Rp 3,4 triliun, hingga akhir September lalu.
Pemimpin Pegadaian Kanwil XII Jatim, Ngadenan mengatakan, target OSL sudah tercapai sebesar 95 persen. "Kini, Pegadaian mengejar sisa target dalam waktu tiga bulan. Kami optimis akan menggapainya,” katanya di sela-sela Penyerahan Hadiah Kemilau Emas Pegadaian Periode II 2014, di Grand Palace Hotel, Rabu (7/10/15) kemarin.
Menurutnya, Pegadaian optimis bisa melampaui target dan mencapai penyaluran di kisaran 110 persen. Hal itu melihat potensi bisnis yang dimiliki, dengan berbagai penyaluran pembiayaan kepada nasabah. Misalnya gadai, kredit mikro hingga mulia.
Selain itu, Pegadaian sudah melekat di hati masyarakat yang mampu memberikan pinjaman dana dalam waktu singkat dengan persyaratan yang gampang. Dari raihan saat ini, angka untuk nasabah gadai emas diakuinya paling besar. Sebesar 90 persen, pembiayaan untuk nasabah gadai emas. “Gadai emas memang merupakan backbone kami. Sisanya ada kredit kreasi hingga pembiayaan kendaraan bermotor,” beber dia kepada Malang Post.
Ngadenan menuturkan, hingga September lalu, Kanwil XII Jatim memiliki jumlah nasabah aktif sebesar 900 ribuan nasabah. Malang Raya, memiliki nasabah yang terhitung besar, mencapai 90 ribu. Angka OSL Pegadaian Malang, hingga akhir bulan lalu telah mencapai Rp 480 miliar.
Sementara itu, kemarin berlangsung penyerahan hadiah kepada pemenang Kemilau Emas Pegadaian Periode II 2015 ini. Sebanyak 20 nasabah dari Malang Raya beruntung mendapatkan hadiah logam mulia, baik pecahan 5 gram maupun 10 gram.  Periode ini, sebanyak 1,25 kilogram logam mulia disiapkan kepada sekitar 8,5 juta nasabah yang mengikuti undian. Sebanyak 270 gram hadiah emas meluncur ke Kanwil XII Jatim ditambah satu hadiah umrah.
“Bukti jika program ini nyata, banyak nasabah asal Malang yang memenangkan hadiah. Cara mengikuti pengundian pun mudah,” tambahnya.
Pria yang sebelumnya bertugas di Bali ini menerangkan, hanya dengan memiliki gadai sebesar Rp 500 ribu, maka nasabah akan memiliki satu nomor undian. Secara total, hadiah yang disiapkan sebanyak 5 kilogram emas mulia dan 24 paket umrah untuk nasabah Pegadaian Syariah. (ley/han)