Dari Online, Optimalkan Omzet Lewat Bazar

Koleksi busana yang disediakan Shavan’s Butik selalu mengikuti tren yang sedang ngehits di masyarakat

Shavan’s Butik
MALANG – Kreator bekerjasama dengan 22 pelaku Usaha Kecil Menengah (UKM) mengadakan fashion bazar yang diadakan di MX Mall setiap bulan. Kali ini, event tersebut digelar hingga 11 Oktober mendatang.
Menurut Daniel Eka, PIC dari Kreator, para pemilik butik yang bekerjasama dengan Kreator mulanya adalah pedagang yang menjual barang-barangnya secara online. “Melalui bazar ini, mereka bisa langsung menjemput customer di mall. Ada strategi pemasaran yang berbeda,” katanya.
Shavan’s Butik adalah salah satu di antaranya. Shanty Irawati, sang pemilik mengaku bazaar yang diikutinya mampu menaikkan omzet. “Dulu kan awalnya hanya jualan lewat instagram, tapi sejak ditawari oleh Kreator lahan untuk berjualan, saya pikir kenapa tidak dicoba? Ternyata keuntungannya lumayan sekali,” ujarnya.
Butik yang sudah tiga tahun menggelar bazar di MX Mall ini menjual berbagai baju muslim untuk remaja, seperti gamis dengan warna-warna pastel sampai aksesoris, seperti tas dan kacamata. “Kami selalu update untuk tren fashion, karena fashion kan terus berputar, jadi nggak bisa menjual produk yang itu-itu saja,” tandasnya.
Mengenai target omzet, Shanty tidak pernah mematok nominal tertentu namun ia mengaku dalam sehari dapat mencapai Rp 3 juta – Rp 5 juta. “Tergantung ramai atau tidaknya mall, kalau sepi dalam sehari dapat Rp 1 juta maksimal.” tuturnya.
Bahkan pada musim tertentu seperti Lebaran, Hari Natal dan tahun baru, wanita asal Malang ini mengaku dapat meraup omzet sampai Rp 8 juta per hari. Inneke Nanda, adik kandung Shanty yang ikut mengelola butik mengatakan, kunci dari berdagang adalah sabar dan murah senyum. “Selalu perlakukan pembeli sebagai raja, dengan begitu biasanya pembeli akan betah untuk berbelanja dan nantinya akan datang kembali,” ujarnya.  (mg1/han)