Mitsubishi Fuso Tetap Market Leader

MALANG POST - Menjadi market leader di segmen kendaraan niaga dalam kondisi ekonomi lesu seperti saat ini bukanlah hal yang mudah, namun ternyata market share Mitsubishi Fuso justru terus naik. Salah satu aktivitas yang secara agresif dilakukan adalah dengan menjaga hubungan baik dengan konsumen melalui event campaign dan gathering.
KTB bersama diler Mitsubishi Fuso selama Agustus – November mengadakan 53 event Truck Campaign serta 75 event Mitsubishi Fuso Gathering yang diselenggarakan serempak di seluruh Indonesia. Melalui event tersebut terbukti hingga kini market share Mitsubishi Fuso terus memimpin dengan angka lebih dari 47%.
 “Berkat konsumen setia kami, Mitsubishi Fuso dapat terus berkembang selama 45 tahun dengan populasi Truk No.1 dan saat ini market share-nya lebih dari 47%,” kata Hisashi Ishimaki, President Director KTB, ketika menghadiri Truck Campaign PT Bumen Redja Abadi di Denpasar Bali.
Gathering semacam ini merupakan bentuk apresiasi kepada konsumen yang telah mempercayakan Mitsubishi Fuso sebagai andalan bisnis serta sebagai support KTB dalam peningkatan penjualan di masing-masing diler. Melalui event ini, KTB ingin melibatkan konsumen dalam memajukan Mitsubishi Fuso, juga diharapkan hubungan yang terjalin dapat saling menguntungkan.
Event dikemas sangat spesial dan selalu ditunggu oleh para konsumen Mitsubishi Fuso karena konsumen dari berbagai latar belakang usaha berkumpul, sehingga terjadi komunikasi tiga arah antara konsumen, KTB dan diler untuk bertukar pikiran demi mencari solusi terbaik terhadap kebutuhan konsumen. Program ini bermanfaat dalam memperdalam pemahaman konsumen terhadap produk serta layanan Mitsubishi Fuso, serta komitmen KTB dan diler dalam memberikan layanan terbaik. Inilah salah satu manfaat besar yang dirasakan oleh konsumen dengan menjadi pelanggan setia Mitsubishi Fuso yang tidak akan di temui di merek lain.
Kedua program ini memiliki tujuan sama, untuk memperkuat hubungan Mitsubishi Fuso dengan konsumen, hanya pelaksanaannya saja yang berbeda. Truck Campaign diselenggarakan dalam skala besar dengan jumlah undangan lebih banyak, diisi oleh artis-artis ibu kota dan diselenggarakan di kota-kota besar. Sementara skala acara Mitsubishi Fuso Gathering lebih kecil, dan biasanya diselenggarakan di rural area sehingga jangkauan ke konsumen lebih meluas.
Salah satu konsumen yang menghadiri Truck Campaign, Cokorda Istri Sri Purnamawati, pengusaha ekspedisi di daerah Bali, mengungkapkan kepuasannya atas layanan yang didapat dari Mitsubishi Fuso “Melalui gathering semacam ini, sebagai konsumen saya merasa diperhatikan betul kebutuhan saya dalam berbisnis,” ungkap wanita yang telah 15 tahun mempercayakan armada bisnisnya kepada Mitsubishi Fuso.
Konsumen Mitsubishi Fuso terdiri dari fleet customer yaitu konsumen yang melakukan pembelian dalam jumlah besar, kemudian retail customer yaitu pembelian dalam jumlah kecil, serta government customer atau konsumen dari kalangan pemerintah. Tentu KTB memiliki strategi komunikasi yang berbeda dalam pendekatannya terhadap masing-masing konsumen.
Secara total lebih dari 66.300 konsumen beserta kerabat / prospect customer hadir dan memeriahkan program ini. Dengan bertatap muka langsung, KTB lebih mudah menangkap dan mengerti konsumen, kondisi dan permasalahan yang dihadapi, serta harapan-harapan mereka. Dari situlah KTB merancang strategi yang berorientasi kepada kebutuhan konsumen.(*/han)