Rp 2 T Harus Tersalurkan Sampai Akhir Tahun

KUR Bank Mandiri 
SOLO - PT Bank Mandiri Tbk (BMRI) ‎dapat jatah menyalurkan Kredit Usaha Rakyat (KUR) Rp 3,2 triliun hingga akhir tahun ini. Sebanyak Rp 1,2 triliun sudah tersalur selama dua bulan terakhir.
Nah, saat ini masih ada Rp 2 triliun dana KUR yang masih bisa diakses oleh pelaku usaha mikro hingga akhir tahun nanti. Direktur Micro dan Business Banking Mandiri, Tardi mengatakan tahun ini Bank Mandiri mendapat jatah menyalurkan KUR sebesar Rp 3,2 triliun. Program KUR itu mulai dijalankan sejak pertengahan September lalu. Hingga akhir Oktober nanti diperkirakan serapan diperkirakan mencapai Rp 1,2 triliun.
"Sisanya sebesar Rp 2 triliun diharapkan bisa terserap dalam dua bulan mendatang hingga akhir tahun ini. Dari Rp 3,2 triliun dana KUR yang akan dan sudah disalurkan dibagi sebesar Rp 1 triliun merupakan kredit dengan plafon di bawah Rp 25 juta, Rp 2 triliun untuk plafon Rp 25 juta hingga Rp 500 juta, sisanya untuk plafon lebih dari Rp 500 juta," ujar Tardi kepada wartawan di Solo, Kamis (22/10/2015).
Dia menjelaskan, mulai tahun ini ‎aturan KUR dilakukan perubahan sebagai perbaikan untuk memberikan kenyamanan pengakses KUR. Sasaran KUR tidak hanya sektor pertanian, perikanan, dan kehutanan, tapi diperluas ke sektor perdagangan dan ritel.
Nilai kredit juga diperbesar dari Rp 50 juta menjadi Rp 500 juta. Sedangkan bunga diturunkan dari 22% per tahun menjadi 12%. Subsidi yang semula hanya diberikan pada perusahaan asuransi penjamin kredit, kini juga diberikan pada pihak bank penyalur KUR.
"Subsidi yang diberikan cukup signifikan, 7% untuk kredit dengan plafon di bawah Rp 25 juta dan 3% untuk kredit di atas Rp 25 juta," lanjutnya.(dtc/han)