Clay Tak Kalah untuk Souvenir

MALANG - Menginginkan souvenir unik dan berbeda, namun memiliki unsur seni yang tinggi?, cobalah memilih souvenir clay, yang dihasilkan dari adonan tepung. Souvenir ini tak kalah cantik ketika menjadi hadiah momen spesial seperti ulang tahun, pernikahan atau oleh-oleh untuk kerabat.
Salah satunya seperti yang dikembangkan oleh Garuda Jaya, yang memiliki produksi souvenir clay. Berukuran kecil, namun sangat menarik untuk memiliki koleksinya. "Ada beberapa jenis kerajinan tangan, salah satunya clay," ujar Owner UKM Garuda Jaya, Nanik Sri Wahyuningsih kepada Malang Post, kemarin.
Menurutnya, membuat clay sangatlah mudah. Berbeda dengan kerajinan keramik yang berbahan tanah liat, clay bahan utamanya banyak ditemukan di pasar. Bisa tepung kanji, tepung terigu atau tepung beras.
Selain itu, beberapa bahan lain seperti rem rajawali, natrium benzoat dan baby oil, untuk mempermudah pembentukan tekstur souvenir clay, yang umumnya berukuran mini.
"Ukurannya sebagian besar memang kecil. Tidak lebih dari 10 cm. Tetapi jika ada request dengan ukuran lebih besar, yang dibuatkan," beber dia.
Dia menuturkan, clay dibuat dengan ukuran kecil untuk mempercepat waktu pengeringan. Adonan tepung dan bahan lain, setelah dipermak secara manual dan berbentuk mulai dari binatang, bunga hingga orang-orangan, akan cepat kering jika bodinya tidak tebal dan besar.
"Jika tebal, bisa lebih dari tiga hari untuk mengeringkannya. Ukuran bros atau gantungan kunci, butuh waktu tiga hari saja diletakkan dintempat terbuka yang terkena hembusan angin," papar dia panjang lebar.
Dia menuturkan, untuk penjualan clay juga sangat cepat. Pasalnya, sebagian besar customer akan membeli souvenir clay lebih dari satu pieces, karena tergoda dengan bentuknya yang unik dan banyak pilihan warna. Contohnya,.saat ini Garuda Jaya memiliki koleksi orang-orangan dengan pakaian adat. Sepasang, dibandrol Rp 25 ribu saja.
Sementara itu, untuk koleksi seperti bros dan gantungan kunci, mulai dari Rp 15 ribu. Terdapat bentuk kura-kura, kucing, hingga bunga matahari. "Bisa juga memesan dalam satu rangkaian bingkai. Misalnya clay yang akan dihadiahkan untuk wisuda orang spesial, harganya mulai Rp 150 ribu," pungkas dia. (ley/aim)