Service Center Tingkatkan Sales

MALANG – Kesuksesan penjualan otomotif, tidak hanya ditunjang dari sisi sales produknya. Sebab, layanan after sales pun kini menjadi satu patokan bagi customer ketika hendak membeli kendaraan, baik roda dua maupun roda empat. Service center yang resmi, menjadi nilai lebih bagi bisnis otomotif ketika hendak menjangkau customernya.
Hal itu berlaku pula dengan PT Sun Star Motor Malang, Authorized Diler Mitsubishi Malang yang memiliki service center luas. Fasilitas ini untuk memastikan kenyamanan dan kecepatan layanan kepada customer.

Customer Service PT Sun Star Motor, RR Tiara Ayu menyampaikan, jika layanan after sales di dilernya dipastikan terbaik, baik untuk passanger car maupun commercial car. “Service center itu sangat penting. Baik dalam hal lokasi hingga kualitas pelayanan,” ujarnya.

Menurut dia, service center Mitsubishi berada satu lokasi dengan diler. Sehingga, customer pun cukup mudah mengetahui dan merasa mendapat jaminan ketika hendak membeli mobil di diler yang beralamat di Jalan Panglima Sudirman Singosari tersebut. “Tidak sedikit yang terpengaruh karena kepastian after sales dari mobilnya. Sebab, untuk menjaga kualitas dari kendaraan yang dimilikinya,” urai dia kepada Malang Post.

Dia menuturkan, service center dari Mitsubishi sangat luas. Stall (tempat perbaikan) utama terdiri dari 10 unit. Beberapa stall untuk quick service dengan layanan super cepat antara 1-2 jam. Untuk kendaraan dengan permasalahn lebih kompleks, di stall berikutnya. “Area servis bagian depan untuk servis ringan. Ada dua tempat quick service,” jelasnya.

Menurutnya, service center Mitsubishi yang bersih dan tersusun rapi, tidak hanya untuk mobil penumpang (passanger) saja. Untuk kendaraan commercial, juga berada satu area, namun kerap kali diletakkan di sisi belakang. “Biasanya, servis akan memerlukan waktu yang lebih lama, karena mobilnya termasuk mobil untuk pekerjaan,” ujarnya.

Dalam sehari, pelayanan servis bisa mencapai 30-40 kendaraan per hari pada kondisi ramai. Dalam perhitungan normal, average servis yang masuk di kisaran 20 kendaraan per hari. Masa ramai, misalnya menjelang atau setelah lebaran.

“Jelang lebaran, mobil besar seperti fuso yang akan memanfaatkan jasa servis. Mobil ini beristirahat dari pekerjaan di masa itu. Sebaliknya, mobil pribadi akan ramai masuk servis setelah lebaran, setelah digunakan perjalanan atau mudik,” jelas dia. (ley/feb)