Halloween Misterius Berbalut Pesta Barbeque

MALANG - Halloween sudah dianggap menjadi tradisi dan dirayakan di berbagai belahan negara di dunia. Halloween sendiri berasal dari festival Samhain (dari bahasa Irlandia Kuno samain) yang dirayakan orang Kelt zaman kuno. Festival Samhain merupakan perayaan akhir musim panen dalam kebudayaan orang Gael, dan kadang-kadang disebut Tahun Baru Kelt. Orang Kelt yang menganut paganisme secara turun temurun menggunakan kesempatan festival untuk menyembelih hewan ternak dan menimbun makanan untuk persiapan musim dingin.
Simbol Halloween yang dimengerti secara universal adalah labu yang diukir membentuk wajah menyeramkan yang disebut Jack-o'-lantern. Di dalam Jack-o'-lantern biasanya diletakkan lilin menyala atau lampu agar terlihat lebih seram di tempat gelap.
Ketika diadopsi di Amerika Serikat, lentera Jack-o'-lantern sering diletakkan di depan pintu masuk rumah sesudah hari mulai gelap. Tradisi mengukir Jack-o'-lantern berasal dari Amerika Utara yang banyak menghasilkan labu berukuran besar.
Simbol-simbol perayaan Halloween menggambarkan keadaan alam di musim gugur, termasuk labu hasil panen dan orang-orangan sawah sebagai penjaga hasil panen. Hitam dan oranye dianggap sebagai warna tradisional Halloween, walaupun sekarang banyak juga barang-barang Halloween berwarna ungu, hijau dan merah.
Hotel Tugu Malang, termasuk yang konsisten menggelar perayaan Halloween. Menampilkan sejarah budaya, di tahun ini Halloween akan tersaji dalam suasana misterius. "Tahun ini, berbeda dengan tahun lalu. Nuansa cosmic di bar yang fun, berubah menjadi bernuansa topeng misterius," ujar Executive Assistant Manager Hotel Tugu Malang, Crescentia HV.
Dia menuturkan, tahun ini Halloween di Hotel Tugu mengusung tema The Mysterious Mask Dancer with Asian Barbeque. Terdapat penari, yang bergerak dalam nuansa opera dengan berbalut topeng.
Selain misterius, Restoran Melati dibuat dengan  serba ungu dikombinasi dengan penuh topeng – topeng cantik.  Ditambah waiter dan waiters dengan jubah serba hitam, menambah suasana Halloween yang kian romantis.
Menurut dia, Asian Barbeque Night akan menjadi teman berpesta Halloween. Sajian kuliner ini dirasa sangat cocok dengan lidah dan selera banya tipe tamu. Barbeque, akan berada di pinggiran kolam renang.
Menu soup, beef dan seafood bisa menjadi pilihan. Begitu pula chicken, lamb, hingga tamu vegetarian, bisa menikmati. Tampilan akan tampak seperti makanan Eropa, namun taste Asia. Namanya seperti Korean Style Barbeque Sirloin Steaks, Vietnamese Beef Lemongrass Satay, Thailand Green Curry Shrimp Satay hingga Indian Yakitori. (ley/han)