Incar Konsumen Pria Berjiwa Muda

MALANG – Menata rambut di salon tidak hanya menjadi kebutuhan wanita. Pergerakan tren gaya rambut yang terus berputar membuat kaum pria tidak mau kalah untuk datang ke salon khusus pria.
Captain’s Barbershop salah satunya. Salon yang terletak di Jalan Melati no. 20 ini merupakan barbershop di Kota Malang yang mulai digandrungi masyarakat. Verdy Veda Prasetya, pemilik barbershop tersebut mengatakan Captain’s mengedepankan kualitas dalam menata rambut konsumen.
“Di barbershop kami, kepuasan konsumen itu nomor satu, sehingga kami benar-benar dituntut untuk memahami berbagai karakteristik wajah dan gaya rambut,” katanya.
Verdy menuturkan, dalam memenuhi standar yang diinginkan konsumen, dia harus paham betul mengenai model rambut pria yang saat ini sedang populer. “Terkadang beberapa konsumen tidak tahu harus potong model apa, jadi kami, para hairdresser yang bertugas untuk mencari model rambut apa yang pantas untuk konsumen tersebut,” ujarnya.
Menurut Verdy, yang membedakan Captain’s dengan barbershop lain di Kota Malang adalah teknik menata rambutnya. “Kalau di tempat kami, setelah dipotong biasanya rambut akan kami keringkan dahulu sebelum ditata. Kalau dalam keadaan basah, rambut sudah pasti bagus penataannya. Sedangkan dalam kondisi kering, belum tentu,” urai Verdy.
Dia menilai, dalam beberapa bulan ini konsumen pria masih menggilai model rambut vintage, seperti slingback dan undercut pompadour. “Untuk model pompadour, barbershop kami juga menyediakan minyak rambut khusus yang biasa disebut pomade,” tuturnya.
Demi menjangkau konsumen lebih luas, selain promosi melalui media sosial, Verdy memiliki strategi marketing khusus dengan cara mengikuti beberapa event terkenal di Kota Malang. “Kami sudah ikut di event Kickfest dan itu pertama kalinya barbershop ada di event tersebut. Untuk ke depannya, kami mengikuti event Custom Fest,” ungkapnya.
Verdy mengakui, antusiame konsumen pria di Malang sangat besar. Puncak ramai ada di bulan puasa tahun ini, Captain’s mampu melayani hingga 70 konsumen per hari. “Barbershop kami memang baru buka sekitar empat bulan, namun respon masyarakat di sini sudah sangat bagus,” tambah pria muda ini.
Mengenai harga yang dipatok, Verdy meyakini Rp 25 ribu sekali potong termasuk harga yang bersaing di Malang. Apalagi pelanggan juga mendapatkan keramas dan styling. (mg1/han)