Nasabah Anak Meningkat

MALANG – Kerjasama Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan industri perbankan dalam memperkenalkan budaya menabung sedari dini melalui produk Simpanan Pelajar merupakan langkah yang patut diapresiasi.
Sejak resmi diluncurkan presiden pertengahan Juli lalu, produk ini banyak memancing pelajar dalam mengatur keuangan mereka dengan baik. Funding Officer Bank Mega Syariah KC Malang, Juwitaningrum menuturkan, produk ini tidak hanya mengajarkan anak-anak untuk menabung sedari dini, namun juga memperkenalkan dunia perbankan itu sendiri.
Menurutnya, sejauh ini kerjasama yang telah dilakukan dengan beberapa instansi sekolah banyak memberi dampak positif. Beberapa sekolah mulai menerapkan hari menabung, di mana para pelajar akan bertemu dengan praktisi dari bank dan diajarkan secara langsung mengenai proses menabung hingga pengambilan uang di ATM.
“Pihak kami akan datang ke sekolah sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan, di sana kami akan mengajarkan kepada anak-anak mengenai proses dan tata cara menabung hingga pengenalan setiap tugas yang dilakukan oleh petugas bank,” tuturnya pada Malang Post, kemarin.
Lebih dari 100 siswa yang terdiri dari tiga sekolah di Malang yang kini terdaftar sebagai nasabah produk ini. Anak-anak usia sekolah di bawah 17 tahun dapat menikmati setiap fasilitas yang ditentukan. Fasilitas tersebut diantaranya biaya administrasi bulanan Rp 0, minimum setoran awal Rp 1000, setoran selanjutnya dan saldo minimum Rp 1000 serta batas penarikan Rp 500 ribu per hari kecuali pada saat nasabah hendak menutup rekening. Biaya biaya pembuatan kartu ATM juga cukup murah, hanya Rp 15 ribu dengan biaya penggantian buku tabungan karena rusak atau habis sebesar Rp 0.
Dia menjelaskan, selain produk Simpanan Pelajar, produk lain yang ditawarkan khusus untuk anak-anak adalah Tabungan Haji Anak. Produk ini menawarkan banyak kelebihan, di antaranya setoran awal Rp 200 ribu, setoran selanjutnya Rp 50 ribu, gratis biaya administrasi, biaya penutupan rekening Rp 100 ribu, nisbah bagi hasil sebesar 2.25 persen, dan juga kesempatan memperoleh asuransi sesuai dengan ketentuan asuransi Megalife. Selain itu para nasabah juga berkesempatan memperoleh hadiah langsung sesuai ketentuan yang berlaku. (mg2/han)