Sudirman Cup Dongkrak Hunian Hotel

MALANG – Gelaran pembukaan Jenderal Sudirman Cup yang berlangsung di Stadion Kanjuruhan Malang, Selasa (10/11/15) lalu membawa berkah bagi bisnis hotel. Pasalnya, sekalipun berlangsung di awal pekan event ini mampu membuat sebagian besar hotel mencatatkan keterisian kamar (okupansi) yang bagus, di atas 90 persen.
“Awal pekan ini okupansi memang bagus, kelanjutan dari akhir pekan lalu, okupansi di atas 90 persen. Sepertinya terpengaruh banyak event di awal pekan,” ujar Public Relation Santika Premier Hotel Malang, Erwinda Monica.
Menurutnya, gelaran pembukaan sepak bola di Stadion Kanjuruhan Malang turut mempengaruhi. Sebab yang datang untuk menyaksikan event dari Mahaka Sport ini bukan hanya dari Malang Raya. Tidak sedikit tamu berasal dari Jakarta, serta beberapa tamu yang memiliki hubungan dengan acara pembukaan Jenderal Sudirman Cup.
Dia menyampaikan, Selasa kemarin, okupansi mencapai 98 persen. Sehari sesudahnya, keterisian sudah menembus angka 92 persen. “Angka ini pasti bertambah, malam atau besok pagi dari tamu walk in,” papar dia kepada Malang Post.
Perempuan yang akrab disapa Winda ini menuturkan, event terbukti mampu meningkatkan okupansi hotel. Alhasil, dia berharap akan semakin banyak kegiatan, baik sepak bola maupun lainnya yang berlangsung di Malang Raya. “Yang beruntung kan bukan hanya bisnis hotel. Kuliner dan pusat perbelanjaan, tempat wisata juga terpengaruh,” tambahnya.
Senada, Marcom Manager Best Western OJ Hotel Malang, Ledya Shelfy mengakui, hotelnya sejak Senin kemarin fully booked. Angka yang tinggi menjadi satu awal yang bagus menyambut akhir tahun bagi bisnis hotel. "Biasanya, akhir tahun memang tren okupansi akan naik. Namun pekan ini, memang tertolong banyak event, termasuk pertandingan sepak bola," bebernya.
Menurut Shelfy, sejak Jumat (6/11/15) pekan lalu hingga Rabu (11/11/15) kemarin, tingkat tamu hotel sangat tinggi, di atas 90 persen. Tamu hotel, terdiri dari berbagai macam tipe, baik corporate, family maupun perseorangan.
"Ada beberapa tamu yang akan menonton pertandingan sepak bola. Tetapi, dari grup yang sedang melakukan kegiatan juga banyak," tambahnya.
Dia mengakui, hingga Rabu kemarin, hotel di Jalan Dr Cipto ini terisi penuh. Menurutnya, hampir semua hotel di Malang, memiliki okupansi tinggi di pekan ini. Tren ini malah sudah terjadi sejak awal bulan. Dia memprediksi, tamu akan stabil di atas 70 persen hingga akhir tahun mendatang.
Terpisah, Executive Secretary The Balava Hotel, Rizki Dwi Utami juga mengakui hal yang sama. Sekalipun masih dalam tahap soft opening, hotel tersebut mampu terisi hingga 70 persen.
"Pekan ini, meskipun weekday hasilnya bagus. Banyak event yang berlangsung, malahan sejak pekan lalu, termasuk tamu dari luar kota yang ingin menonton sepak bola. Hotel baru pun ikut mengalami peningkatan," tuturnya. (ley/han)