Kredit Produktif BNI Syariah Tumbuh 45 Persen

Risk and Compliance Director Acep Riana Jayaprawira (tengah) saat berkunjung ke Malang Post dan diterima Redaktur Pelaksana Dewi Yuhana, Manager Pemasaran Buari dan Direktur Malang Ekspres (Grup Malang Post) Sunavip Ra Indrata.

MALANG – Di tengah kelesuan ekonomi yang melanda tanah air termasuk di Malang, BNI Syariah Malang masih mencatat angka positif dalam penyaluran pembiayaan kepada nasabah. Bank ini mencatat angka pertumbuhan kredit produktif mencapai 45 persen untuk nasabah Malang Raya ditambah Pasuruan dan Probolinggo.
Branch Manager BNI Syariah Malang, Yuddy Tresna Fadias mengatakan, kredit produktif memiliki pertumbuhan yang besar hingga akhir Oktober lalu. Sementara itu, untuk kredit konsumtif, mengalami pertumbuhan sebesar 20 persen.
“Saat ini kami tercatat masih mengalami pertumbuhan penyaluran pembiayaan. Hal ini membuktikan jika perbankan syariah, memiliki kinerja yang terhitung bagus terutama dalam hal pembiayaan,” katanya di sela-sela kunjungan manajemen BNI Syariah ke Kantor Redaksi Malang Post, Rabu (11/11/15) malam.
Secara keseluruhan, bank tersebut memiliki pertumbuhan kredit sebesar 11 persen di tahun ini. Menurut dia, penyaluran kredit produktif ini untuk membantu nasabah dalam wirausaha. Salah satunya dengan Wirausaha iB Hasanah yang merupakan fasilitas untuk memenuhi kebutuhan pembiayaan seperti modal kerja, usaha dan investasi. Sementara itu pembiayaan konsumtif meliputi pembiayaan KPR.
Yuddy menyebutkan, secara keseluruhan, porsi pembiayaan masih didominasi oleh kredit konsumtif, meskipun di tahun ini yang memiliki pertumbuhan besar kredit produktif. Menurutnya, BNI Syariah Malang memiliki perbandingan 70 persen berbanding 30 persen. “Untuk porsi, saat ini penyaluran kredit konsumtif masih lebih besar,” tegasnya.
Sementara itu,  Risk and Compliance Director Acep Riana Jayaprawira menyampaikan, secara nasional BNI Syariah memiliki kontribusi aset sebesar 5 persen dibandingkan dengan bank konvensional. “Memang masih kecil, tapi kami optimis untuk dapat terus meningkatkan prosentase ini,” tandasnya.  
Sedangkan dari sisi pengumpulan dana pihak ketiga (DPK), BNI Syariah memiliki share 14 persen dibandingkan bank syariah lainnya. Dalam kunjungan ke Malang Post Rabu malam, manajemen BNI Syariah yang turut hadir di antaranya adalah Head of Corporate Secretary Endang Rosawati, Branch Manager Malang, Yuddy Tresna Fadias serta beberapa manager dari cabang lain di Jawa Timur. Dalam kesempatan tersebut, selain sebagai ajang silaturahmi, Malang Post dan BNI Syariah membicarakan kemungkinan sinergi antara keduanya dalam berbagai hal, tak terkecuali event. (ley/han)