Dukung JARING, BCA Siapkan Rp 2,36 Triliun

MALANG – PT Bank Central Asia Tbk (BCA) turut mendukung penuh upaya pengembangan sektor kelautan dan perikanan dengan berpartisipasi dalam program JARING (Jangkau, Sinergi dan Guideline). Program yang bertujuan meningkatkan pembiayaan di sektor kelautan dan perikanan serta mendorong perluasan akses masyarakat terhadap sektor jasa keuangan.
JARING merupakan program inisiatif jangka pendek yang diinisiasi Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP). Program ini melibatkan Pelaku Jasa Keuangan (PJK) dengan sasaran akselerasi pertumbuhan sektor kelautan dan perikanan. Melalui pembuatan guideline kepada sektor jasa keuangan dari hulu sampai hilir serta peran serta para pihak yang berkepentingan mendukung pengembangan sektor perikanan dan kelautan.
Direktur BCA Suwignyo Budiman mengatakan, keterlibatan BCA dalam program ini, untuk pembiayaan sektor kelautan dan perikanan seperti menyediakan dana pembiayaan dengan plafon sekitar Rp 2,36 Triliun. Untuk outstanding Rp 1,74 triliun periode bulan Juni 2015. BCA berharap sektor kelautan dan perikananan dapat tumbuh dan berkembang serta berkontribusi besar bagi perekonomian Indonesia.
“Kami menyadari, sektor kelautan dan perikanan adalah salah satu tulang punggung perekonomian Indonesia ke depan, mengingat bangsa ini sebagian besar wilayahnya terdiri atas perairan dan kelautan. Keterlibatan BCA juga merupakan bakti kami bagi perekonomian bangsa dan kesejahteraan masyarakat,” katanya.
Suwignyo menjelaskan, BCA berkomitmen untuk terus mendorong pengembangan sektor kelautan dan perikananan di Indonesia melalui berbagai mekanisme penyaluran pembiayaan. Sampai saat ini, penyaluran pembiayaan BCA dalam sektor kelautan dan perikananan dari hulu ke hilir. Cakupannya penangkapan, budidaya, pengolahan dan produksi serta pemasaran. Penyebaran pembiayaan secara merata di berbagai provinsi di Indonesia mulai dari Sumatera, Jawa, Bali, Kalimantan, Sulawesi, Nusa Tenggara serta Maluku.
“Kami terbuka untuk terus memperluas dan mengembangkan kerja sama di sektor kelautan dan perikanan. Masih banyak hal di sektor ini yang tentunya membutuhkan perhatian terutama dalam hal pembiayaan. BCA siap berkontribusi apabila diberi kesempatan untuk berpartisipasi dalam pengembangan sektor ini,” tutupnya. (ley/van)