Katrol Penjualan Lewat Promo Diskon

MALANG – Menjamurnya bisnis fashion di Malang mendorong pelaku bisnis untuk terus melakukan berbagai inovasi. Tidak hanya dengan menawarkan berbagai produk baru, mereka juga diharuskan menawarkan visualisasi yang lebih nyaman.
“Konsep outlet yang kami terapkan ini merupakan permintaan dari pusat, dan didasarkan pada surveI yang telah dilakukan. Konsep minimalis dipilih sebab di Indonesia, khususnya Malang telah banyak diusung konsep modern. Untuk memberi kesan yang berbeda, maka kami menekankan konsep ini,” tutur Supervisor Ping Dinoyo Mall City, Dina Sitahayu, (16/11/15) kemarin.
Dina menuturkan, persaingan yang ketat bukanlah sebuah masalah karena dengan penerapan strategi yang tepat, maka target penjualan akan selalu tercapai bahkan bisa lebih. Meski demikian, penurunan juga sempat dirasakannya beberapa bulan terakhir. Lesunya perekonomian merupakan faktor utama yang memacu terjadinya pelemahan ini. “Awal kita membuka outlet ini, antusias masyarakat sangat besar. Hingga saat inipun antusias mereka masih tetap tinggi, hal ini dibuktikan dengan banyaknya pelanggan yang mengunjungi kami setiap kali kami menawarkan berbagai produk baru. Namun kini daya beli masyarakat nampaknya mengalami penurunan,” jelasnya.
Menurutnya, omzet yang didapatkan di bulan Juni (awal mereka membuka outlet) mencapai angka Rp 66 juta dan mengalami peningkatan di bulan berikutnya menjadi Rp 93 juta. Di bulan ke tiga hingga ke lima, omzet menurun cukup signifikan hingga menyentuh angka Rp 20 juta. Di November ini, penjualan mengalami sedikit peningkatan dan ia berharap akan mampu mencapai target.
Kualitas barang yang bagus dibarengi dengan pilihan beragam menurutnya merupakan kunci utama yang tidak boleh dilupakan. Selain itu, untuk memanjakan para pelanggan, mereka juga menawarkan berbagai promo diskon. Saat ini, tengah diberikan diskon mulai dari 20 persen hingga 50 persen yang berlaku untuk semua item.
”Diskon 20 persen hingga 30 persen berlaku untuk semua item kecuali aksesoris, selain itu juga berlaku promo buy one get one untuk beberapa produk menarik kami lainnya. Diskon 50 persen berlaku untuk item produk olahraga, ” tambahnya.
Dia menjelaskan, produk yang paling banyak digemari di antaranya adalah long cardy, cropty, dan blazer. Harga yang dibandrol untuk setiap produknya bervariasi mulai dari Rp 39 ribu hingga Rp 235 ribu. Sementara untuk aksesoris dibandrol mulai dari Rp 4 ribu hingga Rp 65 ribu. (mg2/han)