Honda Kejar Penjualan 100 Ribu Motor

MALANG – PT Mitra Pinasthika Mulia (MPM) Malang Blitar terus mengejar target penjualan 100 ribu unit motor Honda sampai akhir tahun 2015. Target tersebut kini kurang 10 persen atau telah tercapai 90 ribu unit. “Di tengah lesunya bisnis otomotif sepanjang tahun, target jualan kami 100 ribu unit untuk all type. Baik matik, sport maupun cube,” ujar Deputy Division Head MPM Malang Blitar, Kianto.
Dia menuturkan, catatan 90 ribu unit yang terjual ini merupakan hasil yang bagus. Pasalnya, secara keseluruhan, pasar otomotif di Malang mengalami penurunan 11 persen. Sementara itu, untuk pabrikan Honda turun lima persen. Raihan ini berlaku hingga triwulan ketiga atau September 2015.
“Jika melihat kondisi saat ini, dengan turun tidak melebihi penurunan pasar di Malang sudah sangat bagus. Hal ini tertolong dengan kehadiran dua varian motor sport yang mampu mencuri perhatian pasar,” ujar Kianto.
Dia mengakui, motor sport Honda memang hadir dengan dua model baru akhir tahun lalu. CB150R Street Fire yang juga mengalami pembaharuan di pertengahan tahun ini, serta kelahiran kembali Sonic dengan nama New Honda Sonic 150R. Market share motor sport pun mengalami kenaikan.
Menurut dia, penjualan New CB150R telah mencapai 300 unit per bulan. Malahan Oktober lalu, penjualan sudah menembus 500 unit. Padahal sebelumnya, kelas ini dikuasai oleh kompetitor. “Jika ditotal, penjualan New CB150R sekitar 5.000 unit untuk area Malang Blitar,” papar dia kepada Malang Post.
Sementara itu, untuk New Honda Sonic 150R yang baru hadir sekitar dua bulan terakhir, mampu terjual average 150 unit per bulan. Dia mengakui penjualan  belum maksimal sebab ada beberapa tipe yang membuat konsumen mesti inden ketika menginginkannya. “Tiga bulan terakhir, untuk kelas medium sport ini kami optimis 250 unit per bulan,” tambahnya.
Secara keseluruhan, pasar motor sport Honda kini menyumbang angka 10 persen dari total penjualan. Angka ini masih di bawah tipe matik yang mendominasi 82 persen, naik sekitar 8 persen ketimbang periode yang sama tahun lalu. Sedangkan motor cube atau bebek, memberikan sumbangan sebesar 8 persen.
Hingga akhir September lalu, market share keseluruhan tipe Honda menguasai sebesar 77,8 persen. Angka ini naik ketimbang periode yang sama 2014 lalu sebesar 71,1 persen. (ley/han)