Menanam Bunga dengan Hidrogel

LIFESTYLE: Masyarakat perkotaan bisa tetap menanam bunga dengan memanfaatkan hidrogel.

MALANG – Bagi masyarakat desa, memiliki tanaman hias terasa sangat mudah karena ketersediaan tanah. Berbeda dengan masyarakat di perkotaan, keterbatasan tanah seringkali menghalangi untuk memiliki tanaman. Namun kini, memiliki tanaman itu bisa lebih mudah karena Anda bisa memanfaatkan hidrogel sebagai pengganti tanah.
Tidak hanya bisa memiliki tanaman di dalam rumah, hidrogel juga memberikan nuansa lebih cerah. “Hidrogel menjadi solusi bagi masyarakat di kota besar, yang sekeliling rumahnya sulit ditemukan tanah. Hanya untuk menamam tanaman hias di pot pun susah,” ujar Owner Adela Kreasi Hidrogel, Eka Dwiyanti.
Dia menuturkan, hidrogel merupakan Kristal polymer yang dapat mengembang ketika terkena air. Ketika pertama kali ingin memasangnya di dalam pot, butiran masih kecil seukuran biji sesawi. “Tinggal merendamnya di dalam air selama empat jam, untuk menjadikannya berukuran lebih besar, seukuran biji kopi,” beber dia kepada Malang Post.
Eka menyampaikan, hidrogel cukup dicampur dengan satu liter air saja. Sesekali, bisa diaduk untuk menjadikan warna lebih merata. “Jika warna masih gelap, buang dulu air rendaman, ganti dengan yang baru. Untuk mendapatkan warna yang cerah, misalnya biru muda atau merah, sebaiknya dibilas dengan air bersih,” urai dia panjang lebar.
Setelah itu, tinggal meniriskan butiran Kristal yang telah mengembang. 1-2 jam kemudian, tinggal memasukkan ke dalam vas atau pot. Bila ditaruh di meja hias atau ruang tamu, disarankan memilih vas yang bening, agar hidrogel mempercantik penampilan tanaman hias.
Jenis tanaman yang bisa diaplikasikan dengan hidrogel ini seperti keladi-keladian, aglonema, sayur-sayuran hingga tanaman air. “Bunga yang biasa jadi tanaman hias, juga bisa bertahan dengan hidrogel pengganti tanah ini,” imbuh perempuan berkerudung ini.
Dia menuturkan, beberapa pilihan warna hidrogel seperti merah muda, oranye, hijau muda, biru muda hingga kuning. Ketika bersanding dengan bunga yang hijau segar, maka akan memberikan variasi yang menarik.
Dia menambahkan, hidrogel ini, ketika sudah digunakan untuk menanam, akan bertahan lebih dari dua tahun. Perawatannya, hanya  menyiram kembali dengan air, ketika hidrogel mulai mengecil. “Setelah disiram, maka hidrogel akan mengembang,” pungkasnya. (ley/han)