103 Konsumen Inden All New Innova

MALANG - Toyota masih menguasai pasar otomotif roda empat di kelas medium multi purpose vehicle (MMPV) di Malang Raya. Tipe All Kijang Innova, tercatat menguasai 92 persen pangsa pasar mobil tersebut hingga akhir Oktober 2015.
Kepala Cabang Auto2000 Malang Sutoyo, Gde Arimbawa mengatakan, kondisi pasar otomotif memang melemah di tahun ini. Namun, hal tersebut tidak berarti membuat Toyota mengalami penurunan secara market share. "Yang turun semua brand. Tetapi secara market share, kami tetap meningkat," ujarnya.
Menurut dia, ketika dibandingkan dengan periode yang sama 2014 lalu, terdapat kenaikan market share. Pasalnya, tahun lalu untuk kelas MMPV, Toyota masih mencatat angka 89 persen.
"Secara unit, pertumbuhan Innova tetap tumbuh di tengah tren penurunan pasar. Sampai September 2015, pasar MMPV di Malang dan sekitarnya mencapai 1.011 unit menurun dibandingkan periode sebelumnya yang mencapai 1.373 unit," paparnya kepada Malang Post.
Dari capaian sebesar itu, 926 unit dikuasai Innova atau mencapai 91,6 persen. Meningkat bila dibandingkan  periode yang sama tahun lalu sebesar 87,3 persen. Untuk unitnya memang lebih baik tahun lalu, yang mencapai 1,198 unit," papar dia panjang lebar.
Dia menyampaikan, khusus periode September 2015, penjualan Innova mencapai 103 unit atau naik 3,1 persrn bila dibandingkan periode yang sama tahun lalu.
Pekan lalu, (24/11/15), Toyota melaunching All New Kijang Innova di Ballroom Ijen Suites Resort & Convention Malang. Launching dengan tema The Legend Reborn ini, kian menguatkan posisi Toyota dalam mendominasi pasa MMPV. Sebagai bukti, belum juga melihat unit, sejak Oktober lalu, angka inden sudah tinggi.
"Dua diler Auto 2000 di Malang menerima 103 unit inden. Apalagi, ketika sudah melihat fisiknya, pasti lebih gampang tertarik," tegas dia.
Menurut dia, minat konsumen terhadap All New Kijang Innova sangat baik yang ditandai dengan angka pemesaan yang relatif tinggi tadi. Padahal, sejak Oktober lalu, masih belum pasti kapab unit tersedia. "Kini kami segera memenuhi penginden setelah launching," imbuhnya.
All New Kijang Innova ini hadir dengan beberapa nuansa baru. Misalnya pengembangan dari sisi exterior design, interior design, dan engine. "Kini hadir dengan mobil bernuansa keluarga yang seakan berada di dalam rumah. Teknologi, ada yang eco power, normal dan smart power," imbuhnya.
Secara total di Area Malang, sumbangan Innova terhadap penjualan mobil Toyota mencapai 15 persen. Tertinggi Avanza sebesar 40 persen, disusul Agya mencapai 20 persen, Yaris 7 persen, Rush 7 persen, dan selanjutnya Altis, Camry, dan Alphard. (ley/feb)