Mupeng, Lihat Gereja Kayutangan Berbahan Cokelat

MALANG – Memasuki bulan Desember, gemerlap Natal mulai terasa di beberapa lokasi di Kota Malang. Termasuk di Harris Hotel and Conventions Malang, yang lagi-lagi memberikan inovasi menarik untuk memeriahkan momen tertentu. Jika saat Ramadhan tahun ini hotel di kawasan Riverside itu membangun Masjid Kurma. Menyambut Natal 2015 ini, Harris membuat ‘Gereja Kayutangan’ berbahan cokelat yang bikin mupeng (muka pengen).
Bangunan atau miniatur Gereja Kayutangan ini dipajang di Harris Café. Miniatur dari Gereja Katolik Hati Kudus Yesus itu dibuat dari cokelat sebanyak 30 kilogram, dengan panjang 105 cm, lebar 66 cm dan tinggi 120 cm. Bangunan itu terbangun dari cokelat putih dan cokelat hitam, ditambah raisin dan ginger bread untuk bagian jendela dan pintu.
“Bangunan ini sudah kami pajang sejak 1 Desember sampai 31 Desember mendatang. Miniatur ini merupakan bagian dari keseluruhan dekorasi menyambut Natal,” ujar Marcom Manager Harris Hotel and Convention Malang, Nicky Olivia.
Dia mengatakan, untuk Natal tahun ini hotel tersebut ingin menghadirkan sesuatu hal yang khas. Untuk Malang, Gereja Kayutangan selalalu menjadi icon. “Kami ingin menyajikan pula yang kental dan beraroma Kota Malang. Gereja ini pasti sudah banyak yang kenal,” beber dia kepada Malang Post.
Dia menuturkan, pembuatan miniatur ini berlangsung selama sepekan. Sementara untuk persiapan, sudah dimulai sejak Oktober lalu, dengan riset detil bangunan gereja. “Untuk pembuatan Gereja Kayutangan ini membutuhkan waktu sepekan saja, yakni menempelkan bagian cokelat agar terbentuk seperti jendela atau pintu. Persiapan dan risetnya yang lama,” tambahnya.
Menurutnya, hotel tersebut memiliki tim art khusus yang ahli dalam kue dan bangunan untuk menghasilkan versi mini dari Gereja Kayutangan tersebut.  Untuk menjaga bangunan tidak meleleh, diakui oleh Nicky, maka perlu menjaga suhu tempat meletakkan miniatur ini.
Gereja Katolik Hati Kudus merupakan gereja tertua dan mempunyai nilai historis tinggi di Kota Malang. Gereja Kayutangan merupakan saksi bisu eksistensi umat Katolik sejak masa kolonial Belanda di Malang. Salah satunya adalah dengan kehadiran paroki Hati Kudus Yesus (HKY) yang telah eksis sejak tahun 1897.
Sementara itu, memeriahkan Natal hotel tersebut juga menghadirkan Christmas buffet dinner dengan berbagai menu pilihan yang tersaji di Harris Café. Bertema Amazing Grace, buffet dinner dibandrol Rp 149 ribu nett/ pack dan diskon 50 persen untuk anak umur 6-12 tahun. Santa akan melengkapi anak-anak bermain di kids corner dan face painting, yang berlangsung 24 Desember 2015 antara pukul 18.00-22.00 WIB.(ley/ary)