Libur Pilkada, Mandiri Siagakan Jaringan Elektronik

MALANG - Perbankan siap meliburkan operasional untuk mendukung kelancaran pelaksanaan Pilkada serentak, Rabu (9/12) mendatang. Tujuannya untuk memberikan kesempatan pegawai menggunakan hak pilih pada saat pesta demokrasi nanti. Bank Mandiri merupakan salah satu bank yang sudah memastikan libur saat Pilkada.
"Seiring dengan pemberitahuan Bank Indonesia untuk mendukung kelancaran Pilkada, kami meliburkan kegiatan operasional pada 9 Desember mendatang," kata Corporate Secretary Bank Mandiri, Rohan Hafas.
Namun, lanjut Rohan, Bank Mandiri tetap menyiagakan jaringan elektronik seperti ATM, internet banking dan mobile banking, sms banking dan phone banking. Tujuannya untuk memenuhi kebutuhan nasabah dalam melakukan transaksi perbankan. Saat ini, nasabah Bank Mandiri dapat melakukan transaksi melalui lebih dari 17 ribu jaringan mandiri ATM yang tersebar di seluruh Indonesia.
”Melalui dukungan teknisi andal yang memonitoring kinerja ATM selama 24 jam. Bank Mandiri ingin memastikan kenyamanan nasabah dalam melakukan transaksi di seluruh ATM Bank mandiri tetap terjaga,” ujar Rohan.
Layanan perbankan 24 jam tersebut dapat digunakan nasabah untuk melakukan transaksi berupa informasi rekening, transfer, pembayaran listrik, air, telepon atau handphone, kartu kredit, tiket pesawat dan kereta api, pajak, pendidikan, asuransi, televisi berlangganan, internet dan pembelian isi ulang pulsa. Selain itu, Bank Mandiri juga menyiagakan beberapa kantor layanan yang terkait dengan ekspor impor dan money changer di kawasan Bandar Udara Soekarno Hatta, Pelabuhan Tanjung Priok dan kantor layanan di Rumah Sakit Harapan Kita serta Rumah Sakit Hasan Sadikin, Bandung.
Sementara itu, berdasarkan surat edaran Gubernur Bank Indonesia Agus DW. Martowardjojo 30 November 2015 memutuskan, menetapkan Perubahan Keputusan Gubernur BI Nomor 16/97/Kep.GBI/2014 Tentang Hari Libur dan Cuti Bersama Tahun 2015. Tanggal 9 Desember dan 24 Desember ditetapkan sebagai hari libur di Bank Indonesia. Penetapan hari libur sebagaimana diktum pertama, tidak dibebankan atas beban cuti Pegawai Bank Indonesia.
Terpisah, Pemimpin Cabang BRI Syariah Cabang Malang, Agung W. Rahardjo menuturkan, bank-nya akan menunggu informasi terbaru di awal pekan ini. "Sepertinya libur, tetapi menunggu surat edaran terbaru, Senin (7/12/15)," sebutnya. (ley/van)