Matos Buka Jam 12, Mall Lain Tetap

MALANG - Pusat perbelanjaan di Kota Malang memiliki kebijakan berbeda menyikapi gelaran Pilkada serentak yang berlangsung hari ini. Beberapa mall ada yang buka sesuai jadwal, namun ada pula yang buka lebih siang demi memberi kesempatan masyarakat menggunakan hak pilihnya.
Marketing Communication Manager Malang Town Square (Matos) Rahayu Sasmita mengatakan, pusat perbelanjaan bebas untuk menentukan jam buka mal, pada Pilkada ini. Sehingga, Matos memutuskan membuka mall dua jam lebih lambat ketimbang biasanya. "Jika biasanya Matos buka pukul 10.00 WIB, besok (hari ini, red) kami akan buka pukul 12.00 WIB," katanya.
Menurut dia, pusat perbelanjaan tersebut ingin memberikan kesempatan.kepada karyawan tenant, yang berasal dari kawasan Kabupaten Malang untuk bisa menggunakan hak pilihnya terlebih dulu. "Pagi hari, mereka bisa mencoblos calon bupati lebih dulu. Dengan buka lebih siang, mereka bisa memiliki waktu untuk bersiap bekerja, tanpa harus terlambat," papar dia kepada Malang Post.
Dia menuturkan, pada Pilkada kali ini, tidak ada imbauan dari Asosiasi Pengelola Pusat Perbelanjaan Indonesia (APPBI) Malang terkait jam buka mall. Jika biasanya pada momen tertentu seperti Natal atau Idul Fitri, akan ada edaran agar pusat perbelanjaan buka lebih siang. "Saat ini tidak ada, sehingga mall bisa menentukan sendiri. Kalau kami sedikit mengambil anjuran pemerintah. Ketika beberapa instansi diliburkan untuk menyukseskan Pilkada, Matos melonggarkan jam buka," urai dia panjang lebar.
Menurutnya, Matos dan mall lain tetap beroperasi karena dipastikan menjadi jujukan setelah proses pencoblosan. "Banyak keluarga berkumpul, setelah itu bisa memutuskan untuk memanfaatkan liburan ke mall. Untuk program, tergantung setiap tenant," tambahnya.
Terpisah, Marketing Mall Olympic Garden, Peptina Magdalena mengakui, jika pusat perbelanjaan di Jalan Kawi ini akan tetap buka seperti biasa. Waktunya pun normal. "Operasional kami tetap pukul 09.00 WIB," tegasnya.
Menurut dia, berbeda dengan Pilpres dan Pileg lalu, ketika MOG buka lebih siang, untuk hari ini diakuinya, tetap buka normal. Pasalnya, untuk Malang Raya, Pilkada hanya di Kabupaten Malang saja. "Untuk Kota Malang kan sudah aman. Karyawan yang dari kabupaten, juga masih bisa mencoblos dengan berangkat pagi hari," tegasnya.
Senada dengan Peptina, Supervisor Ramayana juga mengakui, jika department store di Alun-alun Merdeka ini tetap beroperasi normal. "Pilkada tahun ini tetap buka pukul 09.00 WIB. Tidak ada perubahan jam," papar dia. (ley/han)