Mirip Asli, Pilih Bambu Hingga Sakura

MALANG - Ingin merasakan sensasi berada di Jepang tanpa harus mengeluarkan budget banyak? Tanaman hias plastik Sakura jawabannya. Tanaman hias dengan ukuran mencapai 175 cm ini dapat membuat berbagai sudut rumah tampak terasa seperti di Jepang. Dominasi warna pink dan putih membuat ruangan terasa lebih segar dan nyaman.
Pemilik Toko Karunia, Endah Yuliana menuturkan, tanaman hias yang ia tawarkan kepada pelanggan ini didesain khusus sebagaimana bentuk aslinya. Sehingga, selalu tampak menyerupai tanaman asli. Batang yang digunakan merupakan batang pohon asli, sementara daun dan bunganya terbuat dari kain yang dicat dengan teknik tertentu. Selain menawarkan tanaman hias khas Jepang seperti bunga Sakura, berbagai tanaman khas Indonesia seperti bambu dan pohon mangga juga menjadi pilihan yang ditawarkan kepada pelanggan.
"Supaya terlihat asli, bambu ini misalnya, batangnya asli bambu sementara daunnya dibuat dari kain yang dicat menyerupai daun bambu," jelasnya pada Malang Post, (12/12/15).
Perempuan yang akrab dipanggil Yuli ini menuturkan, tanaman hias yang ditawarkannya ada pohon anggur, pohon mangga, bambu, sri gading, beringin dan pohon maple. Pelanggan dapat membeli sesuai dengan kebutuhan, baik dengan jumlah banyak ataupun satuan.
Selain itu, pelanggan juga dapat merangkai sendiri tanaman yang hendak dibuat sesuai dengan kebutuhan. Tangkai, pohon, daun, bunga, rumput, dan segala aksesorisnya dapat dibeli secara terpisah.
Dia mengakui, tanaman hias tersebut kini sedang banyak diburu masyarakat. Perawatan yang tergolong mudah dibanding tanaman asli, dan harga yang terjangkau merupakan faktor pendorong masyarakat untuk menjadikannya sebagai alternatif pengganti tanaman asli. Usia tanaman hias tersebut tergolong lama, dapat bertahan selama beberapa tahun. Namun semua
tergantung pada pemiliknya.
"Jika tanaman ini ditempatkan pada lokasi yang tidak tepat, seperti sering terkena hujan dan panas. Maka usianya tidak akan lama, mungkin bertahan hanya sampai tiga bulan saja. Namun apabila ditempatkan di sebuah tertutup dan dirawat dengan baik, maka usia tanaman bisa sampai tahunan. Semua tergantung pemiliknya masing-masing, karena ketelatenan yang paling utama," tambahnya.
Perawatan tanaman hias ini tergolong mudah. Cukup hanya dibersihkan dengan kain kering. Ketika debu sudah tampak tebal dan terlihat kusam, maka dapat dibersihkan dengan kain basah. Harga untuk setiap satu pohon tanaman hias tergantung ukuran, tinggi 100 cm dapat dibeli dengan kisaran harga Rp 125 ribu sedangkan ukuran 175 cm dijual antara Rp 250 ribu hingga Rp 300 ribu.
Selain itu, pembelian secara ecer berkisar antara Rp 6.000 sampai Rp 15 ribu per tangkai. Pembelian dengan jumlah lebih besar dapat dibeli Rp 55 ribu per dosin. "Rata-rata tanaman hias dapat dibeli dengan harga Rp 15 ribu per tangkai, sementara untuk daun bambu dan beringin Rp 10 ribu per tangkai. Pohon Sakura dijual Rp 15 ribu  per tangkai dan per dosin Rp 55 ribu," pungkas perempuan berkerudung ini.(mg2/han)