Diler Otomotif Maksimalkan Sales Akhir Tahun

MALANG - Momen akhir tahun membuat diler memanfaatkannya dengan geberan program sales untuk mengejar target penjualan. Pameran dan diskon dijalankan agar penjualan semakin maksimal, sehingga stok kendaraan di 2015 berkurang untuk menyambut tahun depan dengan keluaran yang baru.
Customer Service PT United Motor Centre (UMC) Malang, Ghea Usmani mengatakan, Desember ini authorized dealer Suzuki tersebut memberikan diskon lebih besar ketimbang biasanya. "Diskon sangat efektif untuk menarik customer. Apalagi jika jumlahnya besar," katanya.
Menurut dia, salah satunya untuk tipe Ertiga. UMC memberikan potongan lebih dari Rp 20 juta. Padahal ketika normal, diskon maksimal di angka Rp 13 juta-Rp 14 juta. "Terutama untuk tipe lama yang di tahun depan akan diganti dengan tipe baru. Ertiga tahun ini juga sudah ada beberapa tipe baru," beber dia kepada Malang Post.
Menurut dia, Suzuki juga mengusung program Gebrakan (Gempita Berhadiah Akhir Tahun) Suzuki. Program memberikan kesempatan customer untuk mendapatkan hadiah utama unit Ertiga.
Menurut Ghea, Suzuki juga mengoptimalkan kesempatan pameran. Di dua pekan pertama bulan ini, dengan mengikuti tiga event pameran, di MOG, Matos dan Batos. "Pameran efektif mengenalkan program kami, meningkatkan SPK dan berlanjut pada realisasi penjualan," urai dia.
Dia mengakui, jika Desember ini juga menjadi kesempatan terakhir bagi diler memperbaiki catatan sales, setelah sepanjang 2015 meraih hasil kurang maksimal. "Ada support program, customer juga banyak yang berburu, kami optimis," tambahnya.
Terpisah, Sales Executive PT Sun star Motor, Ratna Herawati mengatakan, Mitsubishi memaksimalkan gelaran pameran, khususnya untuk penjualan mobil penumpang. "Pasti ada realisasi pasca pameran. Sebab penawarannya memang bagus," bebernya.
Untuk jumlah yang terjual, dia meyakini akan jauh lebih bagus di Desember ini. Dalam satu kali event, Mitsubishi menargetkan antara 6-8 unit penjualan. "Tetapi kadang realisasi juga terjadi setelah customer datang ke diler dan mendapat follow up lebih lanjut," tambahnya.
Sementara Direktur PT Gatra Perdana Putra (Hyundai Malang), Reza Prabawa Wijaya mengungkapkan, pameran memang menjadi ajang untuk mengatrol penjualan. Hyundai, di penghujung tahun masih memiliki satu agenda pameran yang akan diselenggarakan di Matos.
“Target penjualannya nggak banyak,  sekitar tiga sampai empat unit saja dengan diskon cukup besar daripada biasanya,” ungkapnya.(ley/han)