Tingkatkan Produksi Sambut Liburan

MALANG - Pusat oleh-oleh di Malang mulai bersiap menyambut liburan akhir tahun yang sudah di depan mata. Misalnya dengan meningkatkan kapasitas produksi pasca menerima peningkatan penjualan di bulan ini.
"Memang belum begitu besar peningkatannya. Namun akhir tahun, pasti sales akan ramai," ujar Kepala Toko Central Oleh-oleh, Erma Tesalonika.
Dia menuturkan, dalam beberapa hari ini, produksi keripik tempe di tempatnya sudah meningkat. Bila normal Central Oleh-oleh memproduksi 2000 bungkus per hari, maka sejak akhir pekan lalu sudah meningkat menjadi 3000 bungkus per hari.
"Masih belum maksimal. Akhir pekan ini baru akan produksi dua kali lipat, untuk menyambut liburan. Sekitar 4.000-5.000 pack per hari," beber dia kepada Malang Post.
Dia mengakui, jika penambahan produksi ini dilakukan karena sudah banyak permintaan pengiriman ke luar kota. Tidak hanya Malang dan Jawa Timur, namun sampai ke Jakarta dan Bali. Dua kota itu diakuinya cukup besar permintaan ketika musim liburan.
Menurut dia, untuk pembelian di toko, memang belum meningkat signifikan. Bilapun naik, berkisar 10-20 persen. Pasalnya, masa liburan masih pekan depan. "Saat ini sudah naik, khusus untuk item keripik tempe sehari bisa menjual antara 80-120 pack," tambahnya.
Memurut dia, selain pembelian di toko, customer juga kerap meminta pengiriman. "Ketika masa liburan, customer berlibur di Malang dan oleh-olehnya dikirim," tambah dia.
Untuk pilihan, keripik tempe original masih paling digemari. Sementara keripik tempe rasa, sebagai pelengkap dan alternatif dengan bandrol Rp 3.500 per pack.
"Pilihan keripik tempe original tetap paling laris. Baik ukuran kecil maupun sedang, khususnya untuk penjualan di toko," tandasnya.(ley/han)