Penjualan Elektronik Mulai Moncer

MALANG - Momen akhir tahun, membawa angin segar bagi pengusaha elektronik. Pasca sepanjang tahun stagnan dalam hal penjualan, tren peningkatan terjadi sebulan terakhir, termasuk Desember 2015 ini.
Salah satunya di Plaza Elektronik Malang. Setelah mengalami masa lesu di semester pertama, bahkan penurunan, sejak November lalu terjadi pertumbuhan sales. "Bulan lalu, meningkat 20 persen ketimbang bulan sebelumnya. Catatan bagus setelah empat bulan jalan di tempat," ujar Store Manager Plaza Elektronik, Pao Sugiyanto.
Dia mengatakan, growth ini memang masih tipis dan belum bisa setara dengan periode yang sama tahun sebelumnya. Sebab sepanjang 2015 ini penjualan elektronik juga terhitung lesu. "Yang jelas November ini penjualan terbaik sepanjang 2015. Bahkan Juni lalu, ketika jelang lebaran, masih sepi," beber dia kepada Malang Post.
Pria yang akrab disapa Sugik ini menyebutkan, tren yang sama juga terjadi di bulan ini. Selama dua pekan pertama, penjualan terpantau lebih ramai, terutama ketika siang hari. Dia optimis, pencapaian akan lebih tinggi ketimbang bulan sebelumnya. "Sekitar 20 persen bisa meningkat. Tidak terlalu besar, karena bulan ini juga mulai terkendala musim hujan," urainya.
Sugik menuturkan, momen akhir tahun, tipe barang yang laris pada jenis lemari es dan LED TV. Selain itu, penjualan mesin cuci juga bagus. "Bulan lalu yang laris LED TV dan mesin cuci. Desember ini, lemari es paling laris," papar dia panjang lebar.
Dia menambahkan, mesin cuci terhitung laris medio November. Persiapan musim hujan ditengarai membuat item ini diburu. Sementara, untuk LED TV memang terhitung stabil sepanjang tahun.
"Tetapi untuk lemari es yang tidak begitu paham alasan diburu customer," tegasnya.
Sugik menyampaikan, moncernya sales di akhir tahun juga dipengaruhi bonus akhir tahun. Banyak customer yang sudah menerima dana ekstra dan mulai memburu kebutuhan sekunder di rumahnya.
"Dana sudah jelas, makanya customer berburu elektronik. Sampai awal tahun, masih sangat bagus sales-nya," tandas dia.(ley/han)