Siasati Pasar dengan Diskon Besar

MALANG – Menjamurnya bisnis online memberi dampak kurang bagus pada bisnis offline. Heyho store cabang Malang sebagai salah satu outlet yang menjual berbagai pernak pernik fashion mengaku omzet yang didapat mengalami penurunan dibanding sebelumnya. Banyaknya perusahaan kenamaan yang bergerak di bidang online merupakan salah satu pemacunya.
“Clothing line saat ini sedang lesu, karena antusias masyarakat kurang bagus dalam hal ini. Pasalnya, budaya yang mengusung nilai-nilai praktis tersebut mulai banyak menggandrungi masyarakat. Sekarang ini yang instant lebih menarik,“ beber shop keeper Heyho Store cabang Malang, Jaya Supriyanto kepada Malang Post, (16/12/15).
Dia mengakui, strategi penjualan dengan media online juga diterapkan untuk mengatrol penjualan. Namun hasil yang didapat tidak sesuai dengan ekspektasi awal. Sehingga untuk lebih mengatrol penjualan, strategi penawaran khusus pun dilakukan. Salah satunya dengan memberi diskon besar-besaran.
Menurutnya, saat ini store yang dikelolanya tersebut tengah memberi penawaran khusus berupa diskon sebesar 50 persen. Penawaran ini tidak lain untuk memenuhi target penjualan di akhir tahun. Meski demikian, berbagai koleksi yang ditawarkan juga selalu diupdate menyesuaikan dengan permintaan pelanggan.
“Tidak main-main, setiap koleksi dipungkas hingga setengah harga. Khusus koleksi celana biasa dibandrol Rp 300 ribu, kini dapat dibeli hanya Rp 150 ribu saja. Selain itu beberapa koleksi baju normalnya dijual dengan kisaranm Rp 150 ribu, saat ini bisa dinikmati hanya dengan Rp 75 ribu,” jelasnya.
Menurut Jaya, mengupdate barang merupakan tuntutan wajib yang harus dilakukan. Minimal satu bulan sekali, sebab target pasar yang dibidik adalah kalangan anak muda. Dengan selalu mengeluarkan tren terbaru, maka ini juga sebagai salah satu kelebihan yang dimilikinya.
Konsep distro yang diusung memberi kesan eksklusif pada setiap koleksi yang ditawarkan. Beberapa item fashion seperti baju, kemeja, sepatu, tas, hingga aksesoris lebih didominasi warna hitam, putih dan merah. Sementara merek didominasi oleh merek Heyho, Weirdo, Groovy, Greese Rock, Kool Klan, dan Thunder.
“Kemeja kain flanel saat ini sedang tren dan banyak diburu pelanggan. Jadi ini merupakan salah satu koleksi yang kami konsentrasikan untuk selalu diupdate,“ pungkasnya.(mg2/han)