Akhir Tahun, Tambah Stok BBM


MALANG - Pertamina menyiapkan penambahan stock Premium, Pertamax Series dan Solar sebesar 5 persen menjelang Natal dan Tahun baru di wilayah Marketing Operation Region V yang mencakup Propinsi Jawa Timur, Bali, NTB dan NTT. Penambahan ini diperkirakan akan mencukupi, peningkatan konsumsi BBM di wilayah MOR V hanya terjadi di Bali dan NTT sekitar 3 persen.
GM Marketing Operation Region V, Ageng Giriyono menjelaskan, meskipun Natal dan Tahun Baru sebelumnya konsumsi BBM tidak meningkat secara signifikan, namun antisipasi tetap dilakukan Pertamina. Seperti dengan pembentukan satgas mulai tgl 21 Desember 2015 sampai dengan 8 Januari 2016, penambahan stock serta penambahan waktu pelayanan Terminal BBM dan SPBU di jalur strategis.
“Untuk antisipasi lonjakan kebutuhan BBM pada Natal dan Tahun Baru, Pertamina telah mengantisipasi dengan peningkatan stock hingga 5 persen dari konsumsi normal. Peningkatan konsumsi di masa Natal dan Tahun Baru biasanya terjadi di wilayah Bali seiring peningkatan wisatawan yang berlibur serta di wilayah NTT terkait banyaknya kegiatan keagaamaan,” jelas Ageng.
Area Manager Commucation & Relation Pertamina MOR V Heppy Wulansari menyampaikan, selain antisipasi kebutuhan BBM, Pertamina juga melakukan antisipasi lonjakan kebutuhan LPG 3 kilogran dengan menyiapkan penambahan stock sebesar 12 persen dari konsumsi normal. “Untuk LPG 3 kilogram disiapkan antisipasi penambahan stock sekitar 12 persen dari konsumsi normal, mengingat tahun lalu peningkatan konsumsi mencapai 10 perse," ujarnya.
Untuk saat ini konsumsi LPG 3 kilogram di wilayah MOR V mencapai  3.985 Metrik ton per hari. Selain itu, untuk antisipasi agen atau pangkalan yang tutup, Pertamina juga menyediakan LPG 3 kilogram di 954 SPBU tersebar di seluruh wilayah Jatim, Bali dan Nusa Tenggara Barat.
Menurutnya, khusus untuk NTT, mengingat belum ada konversi LPG 3 kilogram maka Pertamina menyiapkan antisipasi penambahan stock minyak tanah subsidi sekitar 10 persen dari konsumsi normal harian 257 Kilo liter per hari. Adapun peningkatan pada Natal tahun sebelumnya sekitar 7 persen.
Penambahan stock disiagakan Pertamina mulai H-7 Natal sampai dengan H+7 Tahun Baru. Dengan segala upaya antisipasi ini, Pertamina berharap masyarakat bisa merayakan Natal dan Tahun Baru dengan tenang karena kebutuhan BBM dan LPG tercukupi di lapangan.
Untuk area Malang, diakui Heppy, saat ini rata-rata konsumsi Premium sebesar 1257 KL per hari. Sementara untuk Solar mencapai  464 KL per hari dan LPG 3 kilogram mencapai 378.558 MT per hari.
Apabila terjadi kendala dan hambatan distribusi BBM/LPG, informasi dapat disampaikan melalui CONTACT PERTAMINA 500-000 (atau via HP di nomor 021 500000) atau melalui sms di 08159500000. (ley/feb)