Berbagi Buku Hingga Indonesia Lestari

MALANG – Bank Rakyat Indonesia (BRI) Kantor Wilayah (Kanwil) Malang sukses menggelar rangkaian perayaan ulang tahun ke-120 dengan program-program CSR yang menyentuh semua lapisan sosial. Program Berbagi Buku Untuk Sahabatku, Program Indonesia Lestari dan khitanan massal adalah bagian tak terpisahkan dari perayaan ultah ke-120 BRI.
“Program Berbagi Buku Untuk Sahabatku dilaksanakan secara konsisten sejak tahun lalu. BRI di seluruh wilayah Indonesia sudah mendonasikan 15 ribu buku untuk para siswa dan pelajar yang membutuhkan. BRI Kanwil Malang, juga tetap menyalurkan buku ke sekolah-sekolah,” kata Kepala Bagian Bisnis Program dan Kemitraan BRI Kanwil Malang, Yufis Ferry, dalam keterangan resmi yang dikirim kepada Malang Post, kemarin.
BRI Kanwil Malang telah menyalurkan sekitar 500 eksemplar buku yang tersebar di beberapa sekolah dasar di wilayah Malang Raya. Dua sekolah di antaranya adalah SDN IV Kromengan dan SDN V Kromengan Kabupaten Malang. Menurut Yufis, penyerahan donasi buku sudah dilakukan sejak pertengahan Desember lalu.
“Kita sudah serahkan ratusan buku kepada sekolah-sekolah yang membutuhkan sejak 11 Desember 2015 lalu. Harapan kita, program ini bisa memperkaya referensi belajar para siswa-pelajar. Kita pun berharap, minat baca serta pengetahuan mereka meningkat lewat program ini,” tambahnya.
Selain menyukseskan program Berbagi Buku Untuk Sahabatku, Program Indonesia Lestari juga sudah dihelat oleh BRI Kanwil Malang. Pada bulan November-Desember 2015 ini, BRI Kanwil Malang bekerjasama dengan dua institusi untuk menjaga serta meningkatkan kualitas lingkungan hidup.
“Kita bekerjasama dengan institusi besar, yakni Universitas Brawijaya untuk pembuatan sumur resapan injeksi. Lalu, BRI Kanwil Malang juga menggelar penanaman bibit pohon bersama dengan Puslit Pelestarian Lingkungan Hidup dan PG Semboro Jember,” sambungnya. Dengan kerjasama ini, BRI ingin mendorong peningkatan kualitas lingkungan hidup di area Kanwil Malang yang meliputi beberapa kota di Jatim.
Utamanya, pencegahan dan peredaman dampak banjir yang terjadi saat musim penghujan tiba. Selain itu, program lingkungan hidup BRI Indonesia Lestari juga mengharapkan penambahan debit air tanah saat kemarau tiba. Yufis menambahkan, program sosial lain yang digelar dalam rangka ultah ke-120 BRI adalah sunatan masal melalui Yayasan Baitul Maal BRI.
“Sunatan massal ini diikuti oleh masyarakat sekitar lingkungan kantor kita. Terselenggaranya khitanan tak lepas dari penyisihan gaji pekerja BRI seluruh Indonesia dalam bentuk zakat. Sunatan massal ini sudah rutin dihelat setiap tahun saat ultah BRI,” tutupnya.(fin/nug)