Tiga Hari, Closing 277 Unit

BANYAK PILIHAN: Pameran Rumah Rakyat menampilkan banyak perumahan dengan harga yang murah.

Pameran Rumah Rakyat
MALANG – Masih ada kesempatan hingga Sabtu (7/9) besok bagi Anda yang sedang mencari hunian layak, tetapi dengan harga yang murah. Segeralah mengunjungi Pameran Rumah Rakyat yang menyediakan fasilitas likuiditas pembiayaan perumahan (FLPP) dengan harga Rp 88 juta dan berlangsung di Kartini Imperial Building Malang.
Beberapa pengembang rumah sederhana di seluruh Malang Raya turut serta dalam pameran, sehingga dengan mudah Anda bisa memilih lokasi hunian yang sesuai dengan keinginan. Mulai sisi utara Kabupaten Malang di Lawang, tengah kota seperti di Lesanpuro hingga di sisi timur Kaupaten Malang di wilayah Dampit.
“Pilihannya beraneka ragam, bahkan banyak pengembang dari luar kota seperti Kediri, Blitar, Jember, Banyuwangi dan Sumba,” ungkap Makhrus Sholeh, Ketua Koordinator Wilayah Malang Apersi DPD Jatim.
Hampir semua hunian menawarkan harga yang sama untuk rumah rakyat. Tinggal memilih bank sebagai penyandang KPRnya, mulai dari yang bank konvensional hingga syariah. “Semua menawarkan bunga fix sebesar 7,25 persen dalam pameran ini, untuk mendukung program Kemenpera,” imbuhnya.
Disamping itu, pengembang juga menawarkan hunian di luar tipe 36 atau hunian yang harganya di atas Rp 88 juta, namun fasilitas pembiayaannya juga tidak sama. Beberapa perumahan yang bisa Anda pilih antara lain Buring Indah Regency, Griya Indah Regency, Turen Indah Regency, Malang Anggun Sejahtera, Watugede Singosari dan yang paling fenomenal Bulan Terang Utama.
Dengan berburu hunian selama pameran, Anda bisa mendapatkan penawaran harga spesial dari masing-masing bank penyandang KPR, dan tentunya dengan proses yang lebih mudah.
Sementara itu, sambutan masyarakat terhadap pameran perumahan terlihat sangat baik. Terbukti, tiga agenda Pameran Rumah Rakyat hingga Rabu (4/9) sore lalu, tercatat penjualan mencapai 277 unit.
Dipastikan, angka tersebut masih akan bergerak naik karena pameran yang digelar oleh Kementerian Perumahan Rakyat, BLUPPP, dan Green Production tersebut masih akan digelar hingga Sabtu (7/9) besok.
Deden S. Rahmad dari Green Production mengatakan, angka tersebut jelas masih akan bergerak naik. Sebab, pengalaman di beberapa daerah dengan konsep acara yang sama angka transaksi bisa mendekati seribu unit.
“Pada acara pameran yang sama di Bandung beberapa waktu yang lalu kami mencatat penjualan mencapai angka 880.  Kami yakin pasar di Malang masih sangat gemuk. Karenanya, kami optimistis angka tersebut masih akan bergerak naik,” jelasnya.
Deden menambahkan, animo masyarakat dalam hal keinginan mencari informasi tentang perumahan cukup tinggi. Terbukti, hingga Rabu (4/9) lalu jumlah pengunjung mencapai kurang lebih 1.600-an orang.
“Para pengunjung tentu adalah pembeli potensial. Yang jelas mereka sedang membutuhkan hunian. Hanya, mungkin timing dalam melakukan pembelian saja yang berbeda-beda. Bagi mereka, pameran seperti ini juga sarana untuk mengukur daya beli,” ujarnya.
Untuk diketahui, Kemenpera, BLUPPP, bersama Green Production menggelar Pameran Rumah Rakyat selama 5 hari mulai 3 hingga 7 September di Gedung Kartini Kota Malang. Pameran diikuti setidaknya oleh 40 pengembang perumahan sederhana di wilayah Malang Raya dan beberapa daerah lain di wilayah Jawa Timur.
Selain oleh pengembang, juga diikuti oleh sekitar 10 bank dan lembaga pelaksana kredit perumahan. Harga rumah yang ditawarkan relatif terjangkau, yakni Rp 88 juta dengan cicilan hingga Rp 600 ribuan. Acara dibuka mulai pukul 09.00 hingga 20.00 WIB. (sin/ley/fia)