Remitansi Tumbuh Rp 11 Miliar

Melimpahnya Tenaga Kerja Indonesia (TKI) di luar negeri membawa dampak positif bagi Kantor Pos Besar Kota Malang. Jumlah pengiriman uang dari luar negeri (remitansi) TKI melalui Kantor Pos Besar Malang pada periode Juli - Agustus tahun ini meningkat 22 persen dibanding periode yang sama pada tahun 2012 lalu.
Kepala Kantor Pos Besar Malang, Kiagus M. Amran menjelaskan, jika pada periode 2012 lalu selama Juli hingga Agustus, angka remitansi sebesar Rp 50,428 miliar, maka pada tahun 2013 ini hasilnya mencapai Rp 61,580 miliar.
“Jumlah transaksi juga meningkat, dari 21.689 di Juli Agustus 2012 menjadi 23.460 di periode yang sama tahun ini,” rinci dia.
Menurut pria yang akrab disapa Agus tesebut, omzet remitansi yang meningkat lebih dari Rp 11 miliar tersebut terdongkrak momen lebaran yang memang menjadi agenda rutin masa puncak aktivitas pengiriman uang dari luar negeri.
Amran menambahkan, setiap hari terjadi lebih dari 500 transaksi pengiriman uang di kantor pos. Sayangnya, Amran mengaku tidak tahu persis berapa nominal sekali transaksi itu. Yang jelas, dari luar negeri negara asal pengiriman uang ini sebagian besar berasal dari Malaysia dan Timur Tengah.
“Malaysia dan Timur Tengah mendominasi pengiriman. Selanjutnya Taiwan, Hongkong, Singapura, Korea dan Jepang,” bebernya.
Lebih lanjut dia menerangkan, bahwa rata-rata remiten per bulan sebanyak 10 ribu transaksi, khusus mendekati lebaran transakasi naik pada kisaran 12 ribu hingga 14 ribu transaksi.
“Dengan omzet lebih dari Rp 25 miliar, Kantor Pos Besar Malang menjadi wilayah dengan remitansi terbesar di Jawa Timur,” jelas dia.
Selain peningkatan remitansi, bulan lalu Kantor Pos juga mengalami peningkatan transaksi pengiriman barang sebesar 25 persen dengan nilai transaksi Rp 2,7 miliar. “Secara total, hingga akhir Agustus omzet pengiriman barang telah mencapai Rp 28 miliar,” terangnya. (ley/fia)