121 Peserta Jamsostek Nikmati PUMP-KB

MALANG – Program Bantuan Uang Muka Pinjaman Kerjasama Bank(PUMP-KB) PT Jamsostek mulai mendapatkan respon positif dari masyarakat di Malang. Pada tahun ini, sejumlah 121 anggota Jamsostek yang telah menerima bantuan PUMP-KB pasca diterima pengajuannya oleh bank.
Suhandi, Kepala Bidang Pemasaran Jamsostek Cabang Malang mengungkapkan, Jamsostek sangat selektif dalam menerima pengajuan. “Dari jumlah ratusan, hingga saat ini hanya jumlah tersebut yang mendapatkan bantuan pinjaman uang muka,” ungkapnya.
Dia menambahkan, jumlah realisasi yang diraih memang masih jauh dari rekomendasi yang telah dikeluarkan oleh Jamsostek. Hingga saat ini, sudah ada 600 anggota yang telah mendapatkan rekomendasi untuk mendapatkan persetujuan PUMP-KB, namun bank sendiri yang selanjutnya menentukan kelayakan dari calon penerima fasilitas tersebut.
Menurutnya, meski tidak banyak yang pada akhirnya berujung pada realisasi, program PUMP-KB menjadi salah satu alternatif pilihan bagi mereka yang menginginkan rumah, khususnya peserta Jamsostek. Sementara Jamsostek sendiri sampai saat ini terus menggenjot sosialisasi PUMP-KB yang telah berjalan selama lima bulan terakhir, agar masyarakat terbantu dengan fasilitas pembiayaan uang muka yang ada.
Masih menurut dia, salah satu upaya untuk lebih memperkenalkan program peminjaman uang muka ini, dengan mengikuti pameran rumah murah beberapa waktu lalu. “Jamsostek mengikuti pameran dari Kemenpera sebagai upaya sosialisasi, setidaknya dalam 4 hari pameran terdapat 150 orang mengunjungi stand kami,” imbuhnya.
Perlu diketahui, untuk besaran PUMP-KB yang bisa disalurkan mulai dari Rp 20 juta hingga Rp 50 juta. Dengan perincian, setiap mereka yang memiliki gaji di bawah Rp 5 juta, mendapatkan bantuan uang muka Rp 20 juta. Kemudian yang gajinya antara Rp 5 juta sampai dengan Rp 10 juta, maka akan memperoleh bantuan Rp 35 juta. Dan terakhir, yang bergaji di atas Rp 10 juta berhak atas bantuan uang muka sebesar Rp 50 juta. Sedangkan tenor pinjaman selama 10 tahun. (ley/fia)