Agya Ayla Masuk Malang Bulan Depan

Setelah lama menanti, masyarakat yang mengincar mobil Low Cost Green Car (LCGC) bakal segera memilikinya secara nyata. Pasalnya, Toyota Agya dan Daihatsu Ayla resmi diluncurkan di tempat berbeda pada minggu lalu. Mobil yang kerap dijuluki si kembar dari dua pabrikan berbeda ini jadwalnya bakal didistribusikan mulai awal bulan depan di wilayah Malang.
Si kembar Agya- Ayla sebenarnya telah diperkenalkan pada publik saat gelaran Indonesia International Motor Show (IIMS), September 2012 lalu. Meski telah diperkenalkan dan mulai banyak inden, kedua mobil tersebut belum bisa didistribusikan, sebab masih menunggu keluarnya regulasi LCGC.
Setelah regulasi LCGC yang tertuang dalam peraturan Presiden SBY, terbit pada 23 Mei lalu, disusul dengan keputusan Peraturan Menteri Perindustrian Nomor 33/2013. Tentang pengembangan produksi kendaraan bermotor roda empat yang hemat energi, sebagai petunjuk teknis dari program LCGC. Maka secara resmi mobil murah bisa segera didistribusikan.
Supervisor Toyota Auto 2000 Sukun, Suprayogi mengungkapkan, setelah launching di Jakarta, secara beruntun Toyota bakal mengadakan launching di daerah. “Biasanya kota besar menjadi prioritas untuk launching, seperti Bandung dan Surabaya, baru menyusul di Malang,” ungkapnya.
Kemudian dia memperkirakan untuk launching di Malang antara tanggal 20-30 September. Sebab informasi yang dia peroleh bahwa mulai awal bulan Agya sudah siap distribusi kepada user. Sebagai awal pendistribusian, untuk dealer Malang baru mendapatkan jatah 30-50 unit per bulan.
“Sedangkan di Auto 2000 Sukun sudah ada 130 unit lebih daftar inden, jadi kami juga berharap customer bersabar bagi yang belum mendapatkan jatah di bulan Oktober, karena distribusinya bertahap,” beber pria yang kerap dipanggil Yogi ini.
Yogi menegaskan, dengan adanya kepastian itu, maka Auto 2000 Sukun semakin pede dalam menggenjot pemasaran mobil berjenis city car ini.
Di tempat terpisah, Manager Authorized Dealer Daihatsu Jolo Abadi Cabang Malang, AA Gede Wisnu Putra menyampaikan, bahwa pemberitahuan tertulis dari pusat belum ada. Bila melihat isu yang beredar, bulan Oktober distribusi wilayah Malang bisa dilakukan. Sedangkan harganya dia memaparkan tidak jauh berbeda dengan Jakarta. Harga On the road dari Ayla mulai Rp 76 juta sampai dengan Rp 106 juta, sedangkan Toyota Agya dengan harga mulai Rp 100 juta sampai 120 juta.
“Sepertinya untuk pendistribusian Ayla ke daerah masih menunggu berakhirnya IIMS yang berlangsung 19-29 September mendatang,” papar Wisnu. (ley/fia)