Baru 70 Persen, Tetap Optimis Capai Target

MALANG – Pada tahun 2013 ini, PT Pos Indonesia (Kantor Pos) Malang menargetkan pemasukan mencapai Rp 40 miliar. Namun hingga akhir Agustus lalu, realisasi yang ada baru terwujud sebesar Rp 28 miliar, sehingga memaksa Kantor Pos untuk memenuhi sisa target sebelum akhir tahun.

“Butuh kerja keras mencapai sisanya dalam waktu empat bulan terakhir, bila dirata-rata, harus mencapai Rp 3 miliar setiap bulan,” ungkap Kepala Kantor Pos Besar Malang, Ki Agus Amran.

Dari jumlah Rp 28 miliar tersebut, seperti pengakuan Amran, sejauh ini paket pengiriman barang masih menjadi kontribusi paling besar bagi Kantor Pos. Prosentasenya bahkan melebihi angka 50 persen, jauh lebih tinggi dibandingkan dengan layanan keuangan seperti remiten dan wesel pos yang memberikan sumbangan 40 persen. Sedangkan untuk sisanya, disumbangkan oleh unit lain seperti post shop atau minimarket yang mulai beroperasi tahun lalu.

Namun demikian, meskipun saat ini baru terealisasi sekita 70 persen, Amran masih tetap optimis uuntuk mencapai target yang telah dicanangkan. Bahkan menurut dia, berdasarkan pengalaman di tahun-tahun sebelumnya, Kantor Pos bisa melebihi target di akhir tahun.

“Untuk memperoleh tambahan Rp 12 miliar bukan hal yang sulit, karena menjelang akhir tahun trend transaksi cenderung meningkat, meskipun tidak besar seperti pada saat momen lebaran,” imbuh dia.

Pria asal Palembang ini menambahkan, salah satu cara untuk mencapai target adalah dengan memaksimalkan sejumlah kantor pos di daerah yang berada di bawah naungan Kantor Pos Besar Malang. Serta masih ditambah dengan adanya 15 agen pos yang kini telah digandeng. “Itu masih ditambah dengan 10 agen pos baru yang kami targetkan segera beroperasi,” pungkasnya. (ley)