Datsun Go, Ramah Lingkungan dan Ramah Kantong

PERDANA : Carlos Ghosn, President and Chief Executif Officer (CEO) Nissan Motor saat World Premiere All-New Datsun, di Gandaria City Mall.

Nissan Motor 
JAKARTA - Nissan Motor kembali menegaskan komitmennya untuk memasarkan Datsun di Indonesia pada awal 2014 mendatang. Dua mobil yang disiapkan mengikuti program LCGC (Low Cost Green Car) berbanderol Rp 100 juta ke bawah, yakni Datsun Go (Hatcback) yang sudah dikenalkan di India Juli lalu dan Datsun Go+ (MPV).
"Untuk pertama kalinya, kami mengenalkan 5+2 MPV Datsun Go+. Proses pembuatannya dilakukan desainer Nissan Design Center di Jepang berkolaborasi dengan insinyur di Indonesia," ujar Carlos Ghosn, President and Chief Executif Officer (CEO) Nissan Motor saat World Premiere All-New Datsun Go+ di Gandaria City Mall, kemarin (19/9). Para desainer menggabungkan ilmu pengetahuan dan styling Jepang dengan kepiawaian serta kearifan lokal.
"Kedua mobil Datsun ini ditujukan untuk segmen keluarga dan diproduksi secara lokal di pabrik Purwakarta, Jawa Barat. Kami juga kolaborasi dengan suplier lokal," tambahnya. Rencana produksi dan distribusi Datsun dilakukan di Indonesia karena dianggap sebagai salah satu pasar utama. Untuk memenuhi tujuan tersebut, Nissan akan memperluas kapasitas produksi dan jaringan diler serta membuka lapangan kerja.
"Peningkatan kapasitas produksi tahunan dari 90 ribu unit menjadi 250 ribu unit, dan peningkatan jumlah karyawan dari 1.770 menjadi 3.300 orang pada 2016 mendatang," jelasnya.
Keyakinan di pasar Indonesia ini, pihaknya berharap Datsun bisa mencakup 50 persen total sales Nissan Motor Company di Indonesia tiga tahun mendatang.  Ia menjelaskan, saat ini pasar mobil global dalam periode transisi yang signifikan.
Lima tahun lalu mayoritas penjualan mobil di sejumlah pasar mapan di seluruh dunia, termasuk Eropa, Jepang dan Amerika. Sedangkan pasar yang berkembang pesat, termasuk India, Brazil, Cina, Rusia dan Indonesia hanya berkontribusi 40 persen terhadap penjualan.
"Namun, rasio ini berubah cepat. 2016 nanti, kami memprediksi 60 persen total penjualan berasal dari pasar yang berkembang pesat," bebernya. Ia juga mengungkapkan data kepemilikan mobil saat ini. Di Amerika Serikat terdapat 800 mobil per 1.000 warga, Rusia 280 mobil per 1.000 orang, Afsel 160 mobil, India 15 mobil dan Indonesia 45 mobil.
Untuk diketahui, Datsun Go+ mampu menampung tujuh penumpang. Mobil lima pintu bermesin 1.2 liter yang dipasangkan transmisi manual lima percepatan menawarkan efisiensi bahan bakar jangkauan lebih dari 20 kilometer per liter.
Datsun Go dan Go+ dilengkapi fitur praktis, mobile docking station yang memberi kemudahan untuk mengintegrasikan smartphone dan perangkat musik dengan sistem audio mobil.
"Kedua mobil ini dipasarkan dengan harga di bawah Rp 100 juta. Harga ini istimewa karena untuk mobil dengan tiga baris penumpang, sehingga menjadikan pencetus segmen baru," imbuhnya.(hen/fia)