Kredit Mikro Danamon Didominsasi Perdagangan

MALANG- Bank Danamon terus meningkatkan pembiayaan terhadap usaha mikro kecil menengah (UMKM), dan optimis target kenaikan 20 persen dapat terealisasi akhir tahun ini. Demikian disampaikan Vice President Self-Employed Mass Market Regional Malang kepada Malang Post, di sela-sela pemberian bantuan 100 pot dan pohon produktif kepada Pemkot Malang di Tarekot Malang, Sabtu (21/9/13) lalu.
"Bisa dikatakan gairah kredit di usaha mikro saat ini sangat agresif, sehingga kami pun berusaha untuk dapat melayani permintaan nasabah," katanya.
Meski demikian, lanjut Sutoto, kenaikan harga BBM beberapa waktu lalu masih menyisakan dampak pada pertumbuhan usaha mikro, yang juga berdampak pada tingginya inflasi. Kondisi ini secara tidak langsung membuat Danamon untuk bersikap lebih prudent sebelum menyetujui permintaan kredit.
"Kehati-hatian sangat diperlukan dalam melakukan analisa terhadap kemampuan nasabah sebelum permintaan pembiayaan disetujui, namun kondisi seperti inflasi dan efek dari kenaikan BBM menuntut kita untuk lebih berhati-hati lagi. Tapi tidak ada pengetatan kredit ya," ucapnya.
Dari sekian banyak debitur dari kalangan UMKM, lanjut Sutoto, saat ini didominasi oleh sektor perdagangan. Apalagi, kalangan ini memang menjadi sasaran market divisi yang dipimpinnya.
"Kami memang menyasar debitur yang punya usaha sendiri. Baik pedagang, perajin, atau usaha lain, yang mengajukan secara perorangan atau bersama komunitasnya," kata pria yang sebelumnya menjabat di Regional Solo ini.
Para pelaku usaha mikro ini bisa mendapatkan pembiayaan mulai Rp 5 juta sampai Rp 500 juta, tergantung usaha dan kemampuan debitur. "Proses angsuran mereka sampai saat ini cukup bagus," tambahnya.
Sementara itu, Branch Corporate Officer (BCO) PT Bank Indonesia area Malang Luki Ambarwati mengatakan, perolehan dana pihak ketiga (DPK) hingga akhir tahun ini ditarget naik 25 persen.  Dengan segala gimmick dan keunggulan yang ditawarkan Danamon, Luki optimis target tersebut dapat dicapai.
Saat ini ia ada beberapa macam tabungan yang bisa dipilih nasabah, mulai dari tabungan MU yang memanjakan nasabah dengan agenda nonton bareng dan hadiah trip ke Old Trafford, hingga tabungan premium FlexiMAX yang memberikan hadiah langsung pada nasabah. "Hadiahnya bermacam-macam, ada voucher, kamera digital, LED TV, iPad dan masih banyak lagi tergantung saldo rata-rata nasabah," pungkas Luki. (han)