Ford Tak Tertarik LCGC

MALANG – Bila banyak pabrikan otomotif mulai meluncurkan Low Cost Green Car (LCGC), hal yang berbeda dilakukan oleh PT Ford Motor Indonesia. Pabrikan Ford enggan bermain dengan LCGC, dan terbaru malah meluncurkan New Ford Fiesta sebagai upgrade dari seri sebelumnya.
Dede Susanto, Supervisor Ford Jatim 2 Malang menuturkan, sejak 4 September lalu New Ford Fiesta telah dikenalkan di Jakarta. “Setelah perkenalan, suplai ke dealer di daerah telah berlangsung, termasuk di Malang ini,” tuturnya.
Dia mengungkapkan, bahwa Ford tidak berpikir untuk bermain di pasar LCGC untuk sementara ini, sebab segmentasi penggunanya merupakan golongan menengah ke atas. Secara otomatis, tampilan dan teknologi menjadi salah satu syarat yang diburu oleh pengguna Ford.
“Kami tidak memungkiri customer kami yang lebih mengutamakan kenyamanan dan teknologi ketika mengendarai mobil. Jadi, terbaru ini malah meng-up grade Fiesta yang sebelumnya merupakan salah satu andalan Ford,” bebernya kepada Malang Post.
Up grade yang berlaku di New Ford Fiesta ini antara lain di sektor eksterior dan bagian dalam kabin juga sedikit beubah. Hatchback berdesain sporty ini terlihat segar dan mewah. Sementara LCD mungil di bagian dalam masih dipertahankan. Posisi tombol dengan fitur voice command yang menjadi salah satu nilai lebih juga tetap ada. Selain itu, pada tipe New Fiesta Sporty sudah mengaplikasi sistem keyless, sehingga sebagai ganti lubang kunci, terdapat tombol start atau stop di samping setir.
Kemudian dia melanjutkan, selama ini di Ford Jatim 2 Malang mampu menjual mobil rata-rata 15 unit setiap bulan, dan Ford menargetkan menjadi 20 unit pasca up grade Fiesta. Dan untuk New Ford Fiesta ini telah ada 14 inden dari customer.
“Setelah launching dan unitnya sudah ada di Malang, kami mulai melakukan penyaluran kepada customer,” lanjutnya.
Yang unik, dari peluncuran terbaru, harga city car ini cenderung menurun. Bila sebelumnya mulai dari Rp 208 juta, kini mobil tersebut bisa dimiliki dengan bandrol mulai Rp 197 juta. (ley/fia)