Ayla-Agya Mulai Mejeng di Malang

Diluar perkiraan, kedatangan dua mobil murah Ayla dan Agya di Kota Malang lebih cepat dari jadwal. Memasuki minggu ketiga bulan September ini, kedua jenis mobil pabrikan Daihatsu dan Toyota ini sudah berada di showroom kedua dealer, bahkan Ayla sudah dipasarkan di pusat perbelanjaan.
Didik Prasetyo, Sales Executive Astra Internasional Daihatsu Branch Office Malang mengungkapkan, Ayla telah diperkenalkan di pusat perbelanjaan selama empat hari terakhir.
“Mulai dari hari Kamis (19/9) lalu sudah buka stand pameran di tempat ini, dan antusiasme masyarakat sangat besar,” ungkapnya.
Menurut dia, tiap harinya selalu ada customer yang mulai melakukan pemesanan unit Ayla. Dalam sehari mencapai 5 unit, bahkan di akhir pekan melebihi pencapaian tersebut. Tercatat, ketika Malang Post mengunjungi stand pameran Ayla di Matos, telah ada 5 nasabah yang deal untu menginden mobil 1000 cc ini.
Hal yang sama juga diakui oleh AA Gede Wisnu Putra, Manager Jolo Abadi Daihatsu Authorized Dealer Malang. Dia menjelaskan, beberapa unit Ayla telah didatangkan per 17 September lalu. Setelah itu, customer mulai berdatangan untuk melakukan test drive dari mobil yang dipatok dengan bandrol mulai Rp 80 juta di Kota Malang ini.
“Setelah kami display di showroom, antara 8-10 customer mulai menginden mobil, padahal saat ini suplai unit masih diutamakan customer yang memesan sejak tahun 2012 lalu,” bebernya kepada Malang Post.
Tercatat, saat ini ada 40 inden di Jolo Abadi, dan Wisnu memperkirakan suplai unit bakal tuntas sebelum akhir Oktober. Kalaupun lebih lambat, tidak mencapai akhir November untuk 40 penginden yang masih bertahan tersebut. Sementara itu, Jolo Abadi juga mempersilahkan customer bila mau antri kembali untuk memesan city car ini, namun suplai kemungkinan baru terealisasi antara November dan Desember.
Dikonfirmasi di tempat terpisah, Supervisor Toyota Auto2000 Sukun, Suprayogi menegaskan, saat ini unit mobil murah Agya telah mulai tiba di Malang sejak tanggal 19 September. Namun Toyota belum berani mengumumkan secara terbuka kepada masyarakat, sembari menunggu launching di MX Mall Selasa (24/9) besok.
“Kami launching dulu, baru setelah itu berani mempromosikan kembali via pameran. Sementara bila ada customer yang telah inden memastikan mengenai kedatangan unit ke dealer, baru kami informasikan,” paparnya.
Saat ini, untuk jumlah inden unit Agya di Kota Malang mencapai 260 unit. Dan dia memperkirakan, pesanan mobil murah tersebut akan terlayani seluruhnya dalam kurun waktu empat bulan. Dengan segmentasi Agya di entry level, Yogi memprediksi customer bakal berdatangan setelah ada kepastian.
“Saat ini memang kami belum berani berjanji terlalu muluk, sebab menunggu mengenai kepastian kapasitas suplai unit di Kota Malang. Tetapi, di segmen ini menengah ke bawah ini, customer cenderung menunggu yang pasti,” pungkas dia. (ley/fia)