Agya Datang, Distribusi Bulan Depan

Setelah ditunggu-tunggu, akhirnya mobil murah versi Toyota mulai diperkenalkan secara resmi di Kota Malang. Selasa (24/9) kemarin, Toyota melaunching mobil berkapasitas 1000 cc tersebut di MX Mall Malang dihadapan pengunjung mall dan penginden yang telah setia menanti kedatangan Agya.
Gde Arimbawa, Branch Manager Toyota Auto 2000 Sukun menjelaskan, dengan launching tersebut mulai menghapus keluh kesah dari para penginden yang telah mencapai 350 unit untuk tiga dealer Toyota yang berada di Kota Malang.
“Saat ini, baik di Auto 2000 Sukun, Auto 2000 Sutoyo dan Toyota Kartika Sari penginden Agya cukup besar. Sehingga sudah waktunya Toyota melaunching mobil ini,” jelasnya.
Menurut dia, pendistribusian Agya kepada para penginden baru akan dilakukan pada awal Oktober. Targetnya, sebelum akhir tahun, para pemesan sudah menerima mobil yang dipatok dengan harga mulai Rp 100 jutaan ini.
“Saat ini jumlah Agya yang sudah tersedia  mencapai 8 unit, namun tidak didistribusikan terlebih dahulu. Menunggu Oktober,” imbuh dia.
Toyota mulai melakukan promosi via pameran hingga 30 September nanti di MX Mall. Customer baru dipersilahkan untuk mulai memesan, namun jatah menerima suplai tetap sesuai urutan, pasca inden periode pertama dulu selesai didistribusikan.
Gde melanjutkan, untuk pasar Agya yang masuk golongan mini low dan merupakan pasar otomotif baru di Indonesia sebab menyesuaikan keinginan pemerintah dengan adanya LCGC ini, Dia menargetkan Agya mampu memberikan kontribusi penjualan sebesar 30 persen atau berada di urutan kedua setelah Avanza yang menguasai market share Toyota sebesar 45 persen.
“Paling tidak marketnya harus di atas Etios Valco, sebagai hatchback di atasnya. Target ini juga berpatokan pada jumlah inden pada saat ini,” lanjut dia.
Targetnya, penjualan Agya bisa mencapai 50 hingga 70 unit per bulannya.  Sebab sesuai dengan rencana, suplai unit Agya nanti tiap bulannya sekitar 80 unit.
Sementara itu dalam launching yang digelar kemarin (24/9), pengunjung bisa melakukan test drive mobil Agya. Menurut Gde, 2 unit test drive yang disiapkan untuk pengunjung yang ingin merasakan secara langsung kelebihan yang dimiliki Agya.
“Untuk memastikan kelebihan Agya dibandingkan mobil lain di kelasnya. Kendati murah, dari sisi safety, mobil ini pun tetap menjadi perhatian. Itu pula yang membuat Agya harganya sedikit lebih mahal dari ketentuan pemerintah yang berharap LCGC di bawah Rp 100 juta,” papar dia panjang lebar. (ley/fia)