Premi JPK Jamsostek Lampaui Target

MALANG – PT Jamsostek (Persero) Cabang Malang telah berhasil melampaui capaian program Jaminan Pemeliharaan Kesehatan (JPK) di tahun 2012 lalu. Bahkan, capaian premi program JPK juga telah menembus target tahun ini di atas Rp 7 miliar.
“Tahun ini target kami meningkat 40 persen daripada hasil yang diperoleh di tahun 2012 lalu sebesar Rp 5 miliar. Ternyata, belum tutup tahun target sudah jauh melampaui,” ungkap Supriyanto, Kepala PT Jamsostek Cabang Malang.
Menurutnya, hingga September lalu Jamsostek berhasil menghimpun JPK mencapai Rp 9 miliar. Itu artinya, hingga kini Jamsostek mengalami pertumbuhan 80 persen untuk premi JPK daripada tahun lalu. “Masih tersisa 3 bulan kedepan untuk mendapatkan hasil yang lebih banyak lagi,” beber dia.
Dia menambahkan, selama dua bulan ke depan, tambahan JPK tidak bertarget. Sebab selain sudah terlampaui, saat ini fokus Jamsostek mengenai peralihan untuk menjadi Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan.
“Yang jelas hasilnya melampaui target tahun 2013. Bisa jadi 100 persen lebihnya, mencapai Rp 10 miliar. Namun di sisa bulan ini tidak terlalu menargetkan tambahan JPK, fokus ke peralihan BPJS Ketenagakerjaan terlebih dahulu,” jelasnya panjang lebar.
Supriyanto menguraikan, banyak manfaat yang bisa didapakan oleh peserta JPK. Sejak 19 November 2012 lalu, terdapat peningkatan manfaat bagi peserta program. Antara lain adalah cuci darah yang mencapai tiga kali seminggu, hingga masa perawatan di RS yang lebih panjang. Bila sebelumnya, biaya perawatan rumah sakit yang menjadi tanggungan Jamsostek maksimal adalah 60 hari, saat ini tak terbatas.
“Kemudian JPK juga mengover operasi jantung, operasi kanker, hingga pencangkokan organ tubuh,” tandas dia. (ley/fia)