Diikuti Tujuh Negara, 582 Stand

Gelaran Jatim Fair 2013 dalam rangka HUT ke 68 Jawa Timur, dipastikan akan diikuti perwakilan tujuh negara di Asia dan Eropa. Yakni Polandia, Belanda, Perancis (Eropa) dan Jepang, Thailand, Malaysia serta Cina ( Asia).
‘’Semuanya sudah siap memamerkan potensi negaranya masing-masing. Ini bukti kalau Jatim Fair juga diperhitungkan oleh negara-negara sahabat,’’ kata Aris Mukiyono, Kabag Perekonomian dan Perdagangan Biro Perekonomian kepada Malang Post di kantornya, kemarin siang.
Dikatakan Aris, tiga negara perwakilan Eropa tidak akan menampilkan kekuatan industrinya. Mereka, justru akan memamerkan potensi pariwisata, pendidikan dan perdagangan yang menjadi unggulan negaranya.
Sedang dari perwakilan Asia, selain pariwisata dan pendidikan mereka akan memamerkan potensi produk industrinya. Diantaranya industri kelistrikan, gamern, pipa dan aneka produk tambang.
‘’Harapan mereka, tentu masyarakat Jatim secara luas akan tahu persis potensi negaranya. Sehingga, kalau ada yang menghendaki pendidikan masyarakat Jatim tidak hanya pergi ke Amerika atau Australia saja,’’ ungkapnya.
Selain negera-negara sahabat, Jatim Fair 2013 juga akan diikuti 12 perwakilan dagang dari Provinisi Tianjin. Tidak seperti rencana semula mereka akan memamerkan industri makanan minuman, ternyata 12 stand untuk Tianjin justru akan diisi kekuatan produk industri berat di negaranya. ‘’Mereka juga sudah siap memamerkan industri garmen, Industri Listrik, Pipa, Mesin, Autopart, Computer Software dan baterai,’’ papar Aris.
Dari data yang dihimpun Malang Post menunjukkan, Jatim Fair yang digelar di Grand City Surabaya menyediakan 582 stand. Seluruh stand sudah terisi bahkan pihak Debindo selaku mitra kerja sampai harus menolak peserta lain karena tidak kebagian stand.
Peserta lainnya yang mengisi 582 stand datang juga dari sembilan Pemprov di Indonesia yaitu DIY Jogjakarta, Maluku, Maluku Utara, Sumatera Utara, Banten, Jawa Barat, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah dan Papua Barat.
Kemudian ada juga stand untuk 31 dari 38 kabupaten se Jatim. Mereka juga diperkuat keberadaan 22 SKPD dilingkungan Pemprov Jatim. Khusus Dekranasda Jatim akan menampilkan 40 stand, yang dibagi dalam 6 zona terpisah. Salah satunya diisi hasil kerajinan kulit dari Sumpil, Malang.
Ditargetkan Aris, Jatim Fair yang digelar selama 11 hari penuh ini, akan dikunjungi sekitar 200 pengunjung dari berbagai daerah di Indonesia. Sedang target transaksi perdagangan diestimasi bakal tembus 47,63 miliar. Atau naik sekitar 15 persen dibanding 2012 yang hanya Rp 43 miliar.
Selama kegiatan Jatim Fair sejumlah artis papan atas akan dihadirkan untuk menghibur pengunjung Grand City.  Diantara Ada Band, Changcuters, Geisha, Steven Jam, Sheila On7 hingga Boomerang.
‘’Besok malam pembukaan langsung dilakukan sendiri oleh Pak Gubernur,’’ pungkas Aris dengan menyebutkan, pengunjung dikenakan tiket masuk sebesar Rp 8 ribu untuk Senin-Kamis dan Rp 10 ribu untuk hari Jumat sampai Minggu. (has)