Pamor Anthurium Mulai Terangkat

MALANG – Anthurium naik kembali pamornya. Hal itulah yang membuat Sumber Sekar Real Estate dan Rumah Jepank menyelenggarakan Pameran Tanaman Hias di Plaza Araya Malang yang akan berakhir hari ini.
“Sempat turun pamornya selama dua tahun terakhir, tanaman hias ingin kami angkat kembali keberadaannya di Malang Raya,” ungkap Choirul Anam, Pelaksana Pameran Tanaman Hias di Plaza Araya Malang.
Menurut dia, ada 21 peserta yang mengikuti pameran. Sebagian besar berasal dari Malang, dan ada pula peserta dari luar Malang. Jauh-jauh terdapat peserta pameran dari Solo untuk menggoda pecinta tanaman hias dengan beragam koleksi yang ada, baik itu anthurium maupun jenis lain.
“Apalagi anthurium dari berbagai jenis harganya merosot, bahkan sampai tidak laku. Masyarakat enggan lagi melombakan tanaman hias, padahal ketika pamornya sedang tinggi, harga anthurium jenis Gelombang Cinta yang paling biasa harganya bisa mencapai puluhan juta,” bebernya kepada Malang Post.
Saat ini, harga tanaman hias jenis Anthurium mulai dari Rp 30 ribu di pameran. Sementara untuk jenis Jemani atau Hookery sekarang sudah bisa mencapai Rp 2 juta. Padahal menurut salah satu peserta pameran, Slamet, setahun belakangan harganya bisa mencapai Rp 500 ribu sudah bagus.
“Sekitar dua bulan terakhir harganya mulai naik. Dengan pameran ini kami berharap harganya terus melonjak dan kembali menjadi buruan masyarakat,” harapnya.
Beberapa jenis tanaman hias lain yang bisa ditemukan dalam pameraqn seperti Angrek, Mawar, Seruni hingga beraneka tanaman bonsai. Ada pula Anthurium Adeli dan Kresna yang bentuknya mungil dengan pilihan warna menarik. (ley/nda)