Cek Saldo e-Money Bisa Lewat Android

MALANG POST - PT Bank Mandiri Tbk meluncurkan layanan cek saldo kartu mandiri e-Money melalui aplikasi 'Mandiri e-Money Info' di ponsel pintar Android dan Blackberry. Namun ponsel pintar ini harus memiliki fitur Near Field Communication (NFC). Layanan cek saldo ini digunakan untuk meningkatkan kemudahan dan kenyamanan pengguna kartu e-Money.
Senior Vice President Electronic Banking Bank Mandiri, Rico Usthavia Frans mengatakan, dengan peningkatan kemudahan ini, pihaknya menargetkan bisa meningkatkan jumlah pengguna e-Money hingga 3,5 juta sampai akhir tahun ini.
Saat ini, kata dia, pengguna e-Money sudah mencapai 3,23 juta pengguna dengan transaksi ditargetkan bisa menembus angka 10 juta per bulan. "Target kita 3,5 juta pengguna e-Money tahun ini. Saat ini baru 3,23 juta. Kita juga targetkan transaksi e-Money bisa 10 juta per bulan, sekarang sudah 8-9 juta, kalau di debit kan 3-4 juta transkasi. Kartu kredit 3 juta," kata Rico saat acara Launching Aplikasi e-Money Info di Senayan City, Jakarta.
Dia mengatakan, layanan ini merupakan yang pertama kali dilakukan oleh penerbit uang elektronik di Indonesia. Pada bulan Agustus 2013 jumlah pengguna mandiri e-Money mencapai sebesar 3,23 juta, jumlah transaksi mencapai 74 juta selama bulan Januari - Agustus 2013 dan market share transaksi sebesar 82 persen dibandingkan dengan total transaksi kartu prabayar nasional.
Rico mengatakan, aplikasi ini akan memudahkan pengguna mandiri e-Money untuk mengecek saldo kapan saja dan dimana saja. Aplikasi ini juga dilengkapi dengan informasi lokasi isi ulang terdekat baik di Cabang Bank Mandiri, mandiri ATM (bertanda e-Money), maupun toko ritel (Indomaret, Alfamart dan sebagainya) di seluruh Indonesia.
"Melalui layanan ini, kami berharap dapat menjadikan mandiri e-money sebagai alat pembayaran sehari-hari," ucapnya.
Untuk dapat memanfaatkan layanan ini, HP pengguna harus memiliki fitur NFC dan pengguna mandiri e-money terlebih dahulu harus mengunduh aplikasi “Mandiri e-Money info” di Google Play atau Blackberry World.
Selanjutnya, pengguna cukup menempelkan kartu e-Money pada belakang smartphone, tepat di posisi antena NFC yang telah aktif. Nilai saldo otomatis akan muncul pada layar. Aplikasi ini juga dilengkapi dengan fitur suara, sehingga sangat membantu bagi Anda yang sedang berkendara.
Ke depan, Rico menambahkan, pihaknya akan terus melakukan pengembangan aplikasi-aplikasi lain dengan memanfaatkan perkembangan teknologi untuk menciptakan alat pembayaran yang user-friendly dan reliable sehingga akan meningkatkan penggunaan mandiri e-Money.
Toko ritel yang dapat menerima transaksi dan isi ulang mandiri e-Money antara lain Indomaret, Ceriamart, Alfamart, Alfamidi, Lawson, Hypermart, 7-Eleven, Superindo dan Circle-K. Selain untuk berbelanja, mandiri e-Money juga dapat digunakan untuk pembayaran tol. Ruas tol tersebut antara lain ruas Cawang – Tomang – Cengkareng, Cawang – Tanjung Priok – Pluit, Jakarta Outer Ring Road (JORR) dan ruas Bali Mandara.
Dia menyebutkan, saat ini penetrasi penggunaan e-Money masih sangat kecil hanya 1 persen dari jumlah uang kas yang beredar. "Penetrasi e-Money masih kecil. Jumlah uang cash yang beredar sekarang kan senilai Rp 370 triliun, e-Money diordernya paling Rp 300 miliar. Ini relatif masih kecil, masih 1 persen," katanya. (dtc/fia)