PT KAI Beri Diskon Sumpah Pemuda

MALANG – Perseroan Terbatas Kereta Api Indonesia (PT KAI) memberikan harga khusus selama bulan Oktober ini bagi pelajar dan mahasiswa yang mempercayakan perjalanan dengan menggunakan Kereta Api. Diskon sebesar 28 persen berlaku dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda 28 Oktober. Program ini berlaku mulai 1 hingga 31 Oktober mendatang.
Kepala Stasiun Kota Baru Malang, Zainul Arifin menguraikan, tajuk dari promo saat ini adalah Semangat Pemuda 28. Untuk ketentuan, pembeli maksimal berusia 28 tahun. “Syaratnya, periode pembelian antara tanggal 1-31 Oktober, kemudian untuk pemberangkatan juga selama bulan Oktober ini,” urainya.
Dia mengungkapkan, calon penumpang yang berkategori pelajar tersebut maksimal lahir setelah 28 Oktober tahun 1985. Adanya batasan untuk usia dikarenakan masih ada mahasiswa yang usianya di atas 28 tahun.
“Sasaran diskonnya menjadi jelas bila ada batasan usia tanggal lahir calon penumpang,” beber Zainul kepada Malang Post.
Terdapat empat kereta yang bisa melayani diskon tersebut. Yakni KA Gajayana, KA Malabar, KA Malioboro dan KA Majapahit. Semua merupakan perjalanan jarak jauh, sehingga dengan diskon 28 persen ini penumpang bisa merasakan promonya dengan diskon yang diberikan.
Untuk persyaratan lain yang harus dipenuhi yakni mengenai pembelian tiket hanya dilayani di stasiun. Tidak ada batasan minimal atau maksimal pembelian dalam promo ini. “Selama sheet masih tersedia dan umur tidak melebihi ketentuan, maka calon penumpang berhak menerima diskon. Kemudian penumpang harus menunjukkan identitas pelajar atau mahasiswa sebelum keberangkatan,” imbuhnya.
Sementara itu menurutnya, hingga sepekan adanya promo ini, KA Malioboro menjadi salah satu penyumbang terbanyak untuk keberangkatan dari Malang. Rata-rata setiap harinya 30 penumpang menggunakan promo tersebut, dan setengah diantaranya dari KA tujuan Yogyakarta tersebut.
“Hari ini saja 18 penumpang dari KA Malioboro yang merupakan golongan pelajar dan merasakan promo menyambut Sumpah Pemuda ini,” pungkas dia. (ley/fia)