Omzet Mail dan Parcel Kembali Normal

MALANG – PT Pos Indonesia (Kantor Pos) Cabang Malang kembali mencatatkan omzet di atas Rp 2 miliar untuk kategori mail dan parcel di bulan September kemarin. Omzet tersebut meningkat daripada bulan sebelumnya yang berada pada angka Rp 1,56 miliar.
Manager Penjualan Kantor Pos Cabang Malang menyampaikan, omzet di bulan Agustus lalu mengalami penurunan drastis bila dibandingkan dengan bulan Juli. “Saat menjelang lebaran pengiriman surat dan barang sangat tinggi. Apalagi dengan banyaknya perguruan tinggi pula yang melakukan pengiriman dalam jumlah besar. Bulan Juli menembus Rp 2,40 miliar,” ungkapnya.
Menurutnya, trend yang ada setelah lebaran selalu menurun. Hanya Kantor Pos tidak menduga di tahun 2013 ini penurunan begitu besar sebab di atas Rp 800 juta jumlahnya. Bila melihat catatan tahun 2012, penurunan juga terjadi namun masih pada kisaran Rp 500 juta.
“Tapi yang jelas di bulan September ini sudah kembali normal mengenai omzet, sesuai dengan target tahun 2013 ini sebab hasilnya Rp 2,06 miliar. Sedangkan rata-rata per bulan minimal Rp 2 miliar,” tegas dia kepada Malang Post.
Dia pun menerangkan, selama triwulan terakhir tahun ini omzet mail dan parcel kembali normal, dan cenderung akan meningkat hingga akhir tahun. Apalagi bila berkaca dengan hasil di bulan September lalu transaksi yang telah kembali normal. Sementara itu, parcel mendominasi pengiriman saat ini. “Sekitar 40 persen mengambil paket kilat khusus, dan pos express kurang lebih 30 persen. Pengiriman lainnya mengikuti, tetapi tidak menonjol,” imbuhnya.
Menurut pria asal Sidoarjo tersebut, Kantor Pos menargetkan angka di atas Rp 2,2 miliar per bulan selama tiga bulan terakhir, agar target omzet di tahun 2013 terpenuhi. (ley/nda)