Batik Khas Malang, Harganya Capai Rp 2,5 Juta

PUNYA MALANG: Batik Puri Wuwuh Asri didesain oleh desainer asli Malang.

MALANG – Apakah Anda termasuk penggemar batik, dan sedang mencari batik khas Kota Malang? Cobalah untuk mengunjungi Sarinah The Indonesian Emporium, dan temukan salah satu koleksi dari Wuwuh Asri yang siap menggoda Anda.
Batik Wuwuh Asri ini berada di salah satu sudut pusat batik Sarinah yang berada di lantai 2 dengan nama Puri Wuwuh Asri. “Di bagian Batik khas Malang ini tersedia berbagai produk seperti blouse, dress, syal dan juga jarik. Harganya bervariasi, mulai dari Rp 500 ribuan,” ungkap Store Manager Sarinah The Indonesian Emporium, Lies Sukarningsih.
Dia menjelaskan, batik tersebut menjadi salah satu dari beberapa produksi yang batik asli Malang. Batik tersebut dibuat dengan teknik tulis dan kombinasi tenun. Candi Jago, buah apel, sayuran, Alun-alun Tugu atau Topeng Malang menjadi inspirasi untuk mengisi gambaran batik tersebut.
“Produksinya saat ini berada di Jakarta, sedangkan yang memiliki orang Batu asli, sehingga ciri khas yang diusung masih seputar Malang,” imbuhnya.
Teknik pembuatan batik yang membutuhkan proses lebih lama membuat bandrol batik mencapai jutaan. Paling mahal bisa mencapai Rp 2,5 juta. Misalnya Anda memilih blouse lengan panjang dengan motif buah-buahan, Anda harus merogoh kocek mencapai Rp 1,6 juta. Bahkan untuk item yang membutuhkan kain tidak banyak seperti bolero bandrol harganya sebesar Rp 500 ribu. “Ekslusif memang, biasanya satu motif hanya beberapa produk saja. Jarang ada orang lain yang menyamai untuk warna dan motifnya,” goda Lies.
Ada pilihan lain seperti kemeja laki-laki dengan harga Rp 650 ribu, tas dengan bandrol Rp 900 ribu atau Sarimbit yang mencapai Rp 2,5 juta dengan bahan kain sutra.
Menurut Lies, peminat batik ini sangat tinggi. Apalagi dari kalangan wisatawan mancanegara. Sebab, ketika mereka mengunjungi Indonesia, khususnya Malang, wisatawan tersebut mencari sesuatu yang khas dan berharga. Dengan bahan alami dan proses tulis, batik tersebut semakin lama akan menjadi lebih menarik. “Semakin sering dicuci, warnanya semakin bagus,” tutupnya. (ley/fia)